Kreator Facebook Dapat Menghasilkan Uang dengan Video Musik Berlisensi

Senin, 25 Juli 2022 - 22:54 WIB
loading...
Kreator Facebook Dapat Menghasilkan Uang dengan Video Musik Berlisensi
Meta mengumumkan bahwa pembuat konten di Facebook sekarang dapat memperoleh uang melalui video yang menggunakan musik berlisensi. Foto/Dok/reuters
A A A
MENLO PARK - Meta mengumumkan bahwa pembuat konten di Facebook sekarang dapat memperoleh uang melalui video yang menggunakan musik berlisensi. Meskipun pembuat konten dapat menggunakan musik berlisensi dalam video, mereka belum dapat memonetisasinya sampai sekarang.

Kebijakan ini seiring dengan langkah Meta meluncurkan "Berbagi Pendapatan Musik" (Music Revenue Sharing) untuk memungkinkan pembuat video memasukkan musik berlisensi dalam video mereka di Facebook dan mendapatkan bagian dari pendapatan iklan in-stream. Perusahaan mengatakan ini membuka cara baru bagi pencipta dan pemegang hak musik untuk mendapatkan uang.

“Music Revenue Sharing akan mulai diluncurkan hari ini ke pembuat video secara global,” kata Meta Dikutip dari laman techcrunch, Senin (25/7/2022). Untuk memulai, video yang memenuhi syarat akan dimonetisasi dari iklan in-stream di Amerika Serikat dan kemudian akan diperluas ke seluruh dunia tempat musik tersedia di Facebook dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga; Facebook Tambahkan Layanan Musik Video di Facebook Watch

Dengan fitur baru ini, setiap kali pembuat konten menggunakan musik berlisensi dalam video di Facebook yang berdurasi 60 detik atau lebih, mereka dapat memperoleh uang dari video tertentu melalui iklan in-stream. Pembuat konten akan menerima 20% bagi hasil pada video yang memenuhi syarat, dengan bagian terpisah diberikan kepada pemegang hak dan Meta, namun perusahaan menolak untuk membagikan secara spesifik.

Meta mengatakan Facebook Reels tidak memenuhi syarat untuk monetisasi melalui Music Revenue Sharing saat ini. Ada kemungkinan bahwa perusahaan dapat memperluas Bagi Hasil Musik ke Reels di masa mendatang.

Agar memenuhi syarat untuk Bagi Hasil Musik, pembuat konten harus memenuhi syarat untuk iklan in-stream dan memenuhi standar kelayakan monetisasi Facebook. Lagu unggulan yang digunakan dalam video juga harus menjadi bagian dari perpustakaan Musik Berlisensi, yang berisi semua lagu yang memenuhi syarat untuk Bagi Hasil Musik.

Baca juga; Facebook Uji Coba Pusat Akun bagi Pengguna Instagram dan Facebook

Lagu yang memenuhi syarat termasuk lagu-lagu populer dari artis seperti Post Malone, Tove Lo, Grupo La Cumbia, Leah Kate dan Bicep, antara lain. Terakhir, Meta mencatat bahwa juga harus ada komponen visual dalam video dan musik berlisensi itu sendiri tidak dapat menjadi tujuan utama video.
Kreator Facebook Dapat Menghasilkan Uang dengan Video Musik Berlisensi


Kreator dapat mengidentifikasi lagu yang memenuhi syarat yang telah disetujui untuk monetisasi melalui Music Revenue Sharing dengan mengakses koleksi Musik Berlisensi dalam Creator Studio. Setelah mengupload video ke halaman Facebook, Anda akan melihat notifikasi di Creator Studio dan Kotak Masuk Dukungan yang memberi tahu Anda jika lagu tersebut memenuhi syarat untuk berbagi Pendapatan Musik.

Saat video dipublikasikan ke Halaman Anda, maka Anda akan menerima notifikasi yang mengonfirmasi bahwa video Anda menghasilkan dan membagikan pendapatan. Kreator dapat memantau progres mereka atas penghasilan yang diharapkan dari iklan in-stream di Creator Studio.

Meta juga mengatakan akan terus bekerja dengan mitra musiknya untuk memperluas perpustakaan Musik Berlisensi untuk memasukkan lebih banyak lagu berlisensi. Perusahaan juga berencana untuk membangun lebih banyak cara bagi orang untuk berbagi dan terhubung melalui video di Facebook.

Meta mengatakan fitur ini dimungkinkan oleh Rights Manager, alat pencocokan video, audio, dan gambar yang dikembangkan di Meta yang dirancang untuk membantu pemilik konten melindungi hak mereka dan mengelola konten mereka.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1784 seconds (11.210#12.26)