Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Minggu, 10 Juli 2022 - 16:50 WIB
loading...
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android
Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android bisa dilakukan dengan praktis. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android penting untuk diketahui. Sebab, ada kalanya ketika pengguna HP Android mengunduh sebuah aplikasi, tapi ternyata tidak terpasang dan tidak bisa digunakan. Mengapa dan bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android pengguna perlu memahami dulu penyebabnya. Memang ada beberapa hal yang membuat sebuah aplikasi tidak bisa di-install di HP Android. Nah, berikut beberapa diantaranya:

1. Tidak kompatibel
Aplikasi tidak bisa terpasang bisa jadi karena tidak sesuai atau kompatibel dengan ponsel yang kita gunakan. Misalnya, OS yang dipakai sudah terlalu lama. Maka, aplikasi keluaran baru tidak akan bisa diunduh di ponsel .

2. Memori Habis
Pengguna ponsel dengan memori internal 64 GB atau 128 GB harus waspada. Jika terlalu banyak foto dan aplikasi, maka ruang penyimpanan habis. Akibatnya, aplikasi tidak bisa dipasang di ponsel karena tidak ada ruang untuk menyimpannya.

3. File APK Rusak
Jika pengguna mengunduh aplikasi dalam bentuk APK (tidak lewat Google Play Store), pastikan berasal dari sumber terpercaya. Jika tidak, bisa saja file yang diunduh rusak. Sehingga tidak bisa dipasang dan dijalankan.

4. Salah Lokasi
Ponsel memiliki dua memori penyimpanan, yaitu memori internal dan eksternal. Aplikasi yang terpasang di memori eksternal bisa saja tidak terbaca oleh memori internal. Karena itu, pastikan untuk pasang aplikasi di memori internal.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android
Selain mengecek cara-cara diatas, lakukan juga cara ini untuk bisa memasang aplikasi di HP Android:
1. Buka Setting
2. Cari menu Unknown Resource
3. Cari aplikasi yang ingin dipasang
4. Klik pada bagian “Allow from this source”.
5. Masuk lagi ke Setting. Pilih menu Permissions
6. Sentuh Allowed



Cara lainnya adalah dengan menghapus Cache Google Play Store. Caranya mudah, lakukan ini
1. Buka Setting > Aplikasi
2. Cari Plays Sore.
3. Masuk ke menu penyimpanan, lalu sentuh Clear Cache

Cara terakhir adalah dengan melakukan Reset ulang HP. Lakukan ini jika semua cara tadi tidak berhasil. Melalui Reset, maka semua pengaturan, data, dan lainnya akan kembali lagi ke awal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5200 seconds (0.1#10.140)