Begini Cara Merawat Barang Elektronik Supaya Awet dan Enggak Gampang Rusak

Minggu, 03 Juli 2022 - 09:47 WIB
loading...
Begini Cara Merawat Barang Elektronik Supaya Awet dan Enggak Gampang Rusak
Berbagai barang elektronik dengan diskon besar-besaran di AladinMall by Mister Aladin. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Barang elektronik sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita, karena fungsinya dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari. Penggunaan barang elektronik yang terlalu sering juga harus diimbangi dengan perawatan yang maksimal, jangan menunggu hingga fungsinya menurun atau bahkan rusak.

Karena jika sudah rusak, biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit. Lebih baik, cobalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada barang elektronik sehingga bisa lebih awet dan tahan lama dengan cara berikut ini.

Letakkan pada tempat yang aman

Tata letak untuk barang elektronik menjadi salah satu tips yang harus benar-benar diperhatikan. Pastikan bahwa Anda meletakkannya di tempat yang rata, kering dan juga tidak terkena sinar matahari langsung. Dan perlu diingat untuk jangan meletakkan barang elektronik di tempat yang lembab karena itu akan membuatnya cepat berjamur.

Jangan gunakan terus-menerus

Sama seperti manusia, peralatan elektronik secanggih apapun juga tetap membutuhkan waktu untuk berhenti sejenak. Komponen yang menyusun alat elektronik ini memerlukan waktu istirahat agar bisa kembali berfungsi dengan optimal.

Jika dipaksakan untuk bekerja secara terus menerus, perangkat elektronik bisa mengalami overheating alias kelebihan panas. Hal ini tentu berpotensi membuat komponen di dalamnya lebih cepat mengalami kerusakan.



Hindari listrik yang tidak stabil

Pastikan stop kontak listrik di rumah Anda sudah stabil. Jika tidak, barang elektronik bisa rusak dalam waktu yang singkat. Pemakaian stop kontak dapat merusak alat elektronik karena arus listrik yang tidak stabil. Stop kontak yang digunakan tidak boleh longgar, karena peran listrik disini sangatlah vital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)