Petvation Kembangkan Pintu Pintar untuk Hewan dengan Pemindaian Wajah

Jum'at, 01 Juli 2022 - 23:41 WIB
loading...
Petvation Kembangkan Pintu Pintar untuk Hewan dengan Pemindaian Wajah
Petvation mencoba untuk menghadirkan solusi untuk masalah itu. Dengan teknologi yang dikembangkan, Petvation memastikan hanya anjing atau kucing peliharaan saja yang bisa mengakses pintu hewan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Teknologi pengenalan wajah kini tidak lagi terbatas pada manusia. Perusahaan bernama Petvation telah mengembangkannya untuk bisa digunakan oleh hewan.



Ya, hewan. Ini dilakukan Petvation untuk membuat pintu yang bisa dibuka-tutup secara otomatis oleh hewan peliharaan. Jadi, tidak ada hewan lain yang bisa memasuki rumah.

Seperti diketahui, rumah dengan pintu hewan kerap kali mengalami masalah seperti kemasukan tikus atau tupai. Hal ini tentu sangat menjengkelkan.

Petvation mencoba untuk menghadirkan solusi untuk masalah itu. Dengan teknologi yang dikembangkan, Petvation memastikan hanya anjing atau kucing peliharaan saja yang bisa mengakses pintu hewan.

Melansir dari Gizmodo, Jumat (1/7/2022), pintu hewan pintar rancangan Petvation bekerja dengan mengandalkan kamera inframerah yang diletakan di kedua sisi pintu.

Serangkaian kamera inframerah ini memiliki bidang pandang 120 derajat dan iluminasi penguat IR untuk membaca dan mengidentifikasi hewan peliharaan berdasarkan penampilannya.

Secara konsep, ini sangat menyerupai dengan pengenalan wajah yang ada di smartphone, yang digunakan untuk membuka akses perangkat. Tapi bisa dibilang teknologi Petvation lebih canggih.

Pasalnya, ketika ingin mengakses perangkat, manusia harus menghadapkan mukanya terlebih dahulu ke kamera. Sementara hal serupa tidak bisa dilakukan oleh hewan.

Sulit untuk melatih hewan agar mau menghadap ke kamera ketika ingin keluar-masuk rumah. Maka dari itu Petvation menyematkan artificial intelligence yang berbeda dari pengenalan wajah smartphone.

Pintu hewan Petvation sendiri menggunakan motor yang senyap. Ketika membuka-tutup pintu, tidak ada suara gangguan yang dihasilkan. Tapi sayangnya pintu hewan canggih ini belum dikomersialkan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2959 seconds (0.1#10.140)