Belum Cukup Ilmu, Apple Gagal Bikin Modem 5G Sendiri

Jum'at, 01 Juli 2022 - 09:01 WIB
loading...
Belum Cukup Ilmu, Apple Gagal Bikin Modem 5G Sendiri
Apple belum bisa menghindari ketergantungan terhadap Qualcomm untuk modem 5G iPhone. Foto: ist
A A A
CUPERTINO - Apple berhasil membuat chipset terkencang lewat M1 yang bisa digunakan di komputer Mac, tablet iPad, hingga iPhone. Tapi, yang belum bisa mereka lakukan adalah membuat chip modem 5G sendiri.

Padahal, bisa membuat modem sendiri penting. Ini dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap pihak ketiga. Sama seperti mereka tidak lagi tergantung kepada Intel ketika mengembangkan M1 .

Saat ini, Apple memang tergantung pada Qualcomm untuk memasok modem 5G di iPhone.

Ketergantungan terhadap pihak ketika terus berupaya dikurangi. Tapi memang sulit. Apple sudah berupaya mengembangkan modem 5G sendiri sejak beberapa tahun terakhir. Tapi, belum mendapatkan hasil dan tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

Hal itu dipastikan oleh pengamat teknologi dan pemerhati Apple Ming Chi-Kuo. Ming mengatakan bahwa Apple telah gagal membuat modem 5G sendiri. Menurutnya, Qualcomm masih akan tetap menjadi pemasok eksklusif chipset modem 5G untuk iPhone.

Apple rencananya ingin membatasi Qualcomm untuk memasok 20 persen chip modem 5G untuk model iPhone 2023.

Namun, karena Apple gagal menciptakan komponen inti dari modem 5G, maka 100 persen chip modem 5G di iPhone tetap akan dipasok oleh Qualcomm.

Meski demikian, riset dan pengembangan Apple untuk membuat modem 5G sendiri tidak akan berhenti.

”Memang Apple masih butuh lebih banyak waktu untuk mencapai tujuan dan memiliki hasil yang memuaskan untuk menggunakan chip modem 5G sendiri di iPhone serta perangkat lainnya,” ujar Ming.



Apple sendiri sebenarnya telah mengakuisisi bisnis chip modem Intel pada 2019 dan telah berupaya membuat chip sendiri untuk menjauh dari Qualcomm. Tapi upaya tersebut masih belum membuahkan hasil.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)