Ini 5 Kelebihan Memiliki Sistem Smart Home di Era Modern

Jum'at, 24 Juni 2022 - 08:53 WIB
loading...
Ini 5 Kelebihan Memiliki Sistem Smart Home di Era Modern
Berbagai smart home tersedia di Arbit Official Store yang ada di AladinMall by Mister Aladin. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi terus berkembang pesat hingga saat ini. Mulai dari munculnya smartphone, smart cooker, hingga smart home. Rumah pintar atau smart home adalah sistem yang menjadikan segala hal di rumah lebih canggih, di mana seluruh perangkat saling terhubung dan pemilik rumah dapat mengendalikannya secara remote.

Secara tampilan rumah pintar memang tidak jauh berbeda dengan rumah konvensional pada umumnya. Namun, dalam rumah pintar penghuni dapat mengontrol berbagai fasilitas seperti suhu ruangan, menghidupkan atau mematikan TV, keamanan rumah, juga pencahayaan dari jarak jauh.

Dengan adanya rumah pintar, penghuni bisa memperoleh kenyamanan yang mumpuni, sebab sistem ini akan membantu mereka dalam melakukan berbagai aktivitas rumah. Bahkan ketika penghuni meninggalkan rumah, mereka tetap bisa mengontrol sistem keamanan setiap saat. Sudah terbayang dengan kemudahannya, bukan?

Tak sampai disitu, berikut adalah 5 kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika memasang sistem smart home di rumah.

1. Efisien

Mengatur segala perabot elektronik dari satu ‘pintu’ tentu membuat segala sesuatunya praktis dan efisien. Anda bisa menggunakan hanya satu remote kontrol untuk mengoperasikan air conditioner, televisi, radio, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, untuk mengoperasikan smart home, Anda tidak perlu mempelajarinya secara rumit. Yang harus Anda lakukan hanya belajar satu aplikasi dari smart phone atau tablet agar lancar mengoperasikan sistem smart home ini. Mudah, banget kan?



2. Mengontrol penggunaan energi

Lupa mematikan lampu atau perangkat elektronik di rumah tentu akan membuat tagihan listrik melonjak. Dengan konsep smart home yang dapat mengontrol berbagai perangkat elektronik dari jarak jauh, Anda akan lebih mudah mematikan peralatan elektronik di rumah hanya melalui smartphone. Sehingga energi listrik di rumah tidak akan terbuang sia-sia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)