Kejutan, Windows 10 dan 11 Tidak Bisa Lagi Diunduh di Rusia

Rabu, 22 Juni 2022 - 09:30 WIB
loading...
Kejutan, Windows 10 dan 11 Tidak Bisa Lagi Diunduh di Rusia
Pengunduhan Windows 10 dan Windows 11 tidak lagi bisa dilakukan di Rusia. Foto/Bleeping Computer
A A A
JAKARTA - Tanpa keputusan resmi Microsoft , Windows 10 dan Windows 11 kini tidak bisa lagi diunduh di Rusia. Artinya masyarakat Rusia kini tidak bisa memperbarui sistem Windows mereka tanpa cara apa pun.

Kejutan itu pertama kali dilaporkan kantor berita Rusia, TASS yang menyebutkan masalah itu sudah terjadi sejak seminggu lalu.

"Upaya untuk menginstal Windows 11 dan Windows 10 dari situs web Microsoft gagal. Wartawan kami yakin akan hal ini. Saat ini, Microsoft belum mengomentari kesalahan ini," tulis TASS melalui akun Telegram resmi milik mereka.

Masyarakat Rusia yang berupaya mengunduh Windows 10 dan Windows 11 selalu mengalami kegagalan. Mereka yang mencoba download Windows 10 akan lansung diarahkan ke halaman 404 - Page Not Found atau tidak ditemukan.



Kejutan, Windows 10 dan 11 Tidak Bisa Lagi Diunduh di Rusia


Sebaliknya yang mencoba Windows 11 tetap masih bisa memproses pengunduhan. Hanya saja menurut Bleeping Computer, saat proses berjalan akan muncul informasi yang menyebutkan pengunduhan tidak bisa dilakukan karena alasan yang tidak diketahui.

Saat ini banyak orang di Rusia tetap mencoba mengunduh dengan menggunakan VPN. Cara itu memang terbukti berhasil. Hanya saja pemerintah Rusia memang melarang penggunaan VPN meski hukumannya tidak diformalkan.



Hingga saat ini berita diturunkan Microsoft memang tidak memberikan keterangan resmi kenapa hal itu terjadi. Mereka tidak mengumumkan apakah kejadian itu hanya kesalahan teknis atau memang bagian dari langkah Microsoft menyikapi tindakan invasi yang dilakuan Rusia terhadap Ukraina.

Sebelumnya Microsoft memang telah mengurangi aktivitas mereka di Rusia seiring terjadinya perang Rusia dan Ukraina. Sejak Maret 2022 mereka bahkan telah menghentikan aktivitas penjualan produk-produk mereka di Rusia.

Hanya saja baru kali ini kegagalan instalasi Windows 10 dan Windows 11 dialami oleh masyarakat Rusia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3206 seconds (0.1#10.140)