Startup Dihantam Gelombang PHK Disebut Bukan Hal Besar, Hanya Efisiensi

Rabu, 15 Juni 2022 - 12:25 WIB
loading...
Startup Dihantam Gelombang PHK Disebut Bukan Hal Besar, Hanya Efisiensi
Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo) menyatakan bahwa fenomena maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan rintisan alias startup di Indonesia bukanlah sebuah hal besar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amvesindo), Jefri R. Sirait menyatakan bahwa fenomena maraknya Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) oleh perusahaan rintisan alias startup di Indonesia bukanlah sebuah hal besar.

"Ini bukanlah hal yang besar, karena perusahaan konvensional pun juga mengalami efisiensi karyawan . Jadi fenomena ini adalah hal yang biasa terjadi," ujarnya pada acara Power Breakfast IDX TV di Jakarta, Rabu (15/6/2022).



Menurutnya PHK yang marak terjadi merupakan sebuah titik turun dalam grafik pertumbuhan sebuah perusahaan. "Kalau digrafik itu kan ada naik dan turunnya ya, berarti saat ini kondisi perusahaan sedang berada di titik turunnya" ucapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pandemi yang berlangsung sejak 2020 merupakan tekanan untuk semua pihak termasuk perusahaan startup maupun perusahaan konvesional. Tentu saja hal ini mewajibkan semua pihak untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk.

"Kita juga berempati terhadap suasana yang ada saat ini, dan ini merupakan pelajaran berharga untuk kita semua" jelasnya.



Lebih lanjut Jefri menyarankan untuk memandang fenomena PHK ini dengan sudut pandang positif. "Tentu kita sedih, namun kita harus paham, mungkin memang efisiensi yang dilakukan perusahaan adalah sebuah program untuk menjadikan perusahaan semakin lebih baik lagi" pungkasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)