Ditekan Uni Eropa, iPhone 15 Berencana Pakai USB-C?

Kamis, 09 Juni 2022 - 00:04 WIB
loading...
Ditekan Uni Eropa, iPhone 15 Berencana Pakai USB-C?
Desakan Uni Eropa terhadap Apple membuat iPhone 15 akan gunakan USB-C. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - iPhone 15 yang akan diluncurkan tahun depan dikabarkan akan mulai menggunakan USB-C. Langkah ekstrem ini diambil Apple untuk menanggapi tekanan yang dilancarkan oleh Uni Eropa.

Diketahui, Uni Eropa memang belakangan ini tengah gencar mengampanyekan penggunaan port yang sama untuk semua perangkat. Ini bertujuan untuk mengurangi limbah kabel.

BACA JUGA - Periksa iPhone Anda, WhatsApp Berhenti Dukung iPhone Lawas

Uni Eropa menyebut apabila Apple tetap bersikeras untuk menggunakan kabel lightning, maka pengguna Android yang ingin beralih ke produk Apple atau sebaliknya harus membeli kabel yang baru.

Ini bakal merugikan lingkungan. Berbeda jika semua perangkat kompak menggunakan kabel dengan jenis yang sama. Maka berapa kali pun beralih ke perangkat yang berbeda, akan tetap menggunakan kabel yang sama.

Seperti dilansir dari The Verge, Selasa, (7/6/2022), Minggu depan Uni Eropa dan negara-negara Eropa lainnya akan menyelesaikan undang-undang yang mengharuskan penggunaan USB-C.

Negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu untuk membahas dan mengesahkan aturan, yang nantinya bakal menyatukan pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone.

Meskipun awalnya Apple menentang kebijakan tersebut, namun saat ini raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu sudah mulai melunak.

Kedepannya Apple akan menyediakan produk dengan USB-C untuk pasar Eropa atau membuat semua produk di dunia menggunakan port USB-C. Bagaimanapun juga, port USB-C akan menjadi yang utama, cepat atau lambat.

Meskipun iPhone masih menggunakan port Lightning, sejumlah besar produk seperti MacBook dan iPad sebenarnya telah beralih ke USB-C, dan mendukung Thunderbolt 3 dan bahkan Thunderbolt 4.

Yang terakhir, tidak hanya memiliki tingkat transmisi yang sangat tinggi tetapi juga kompatibel dengan pengisian cepat dan output video sinyal DP.

Beberapa netizen juga menyatakan dukungan mereka untuk penggunaan USB-C pada iPhone. Lagi pula, Apple tidak menyertakan pengisi daya untuk tiap pembelian iPhone-nya.

Kita lihat saja apakah iPhone 15 yang akan diluncurkan tahun depan yang akan mulai menggunakan USB-C atau mungkin malah iPhone 14. Kita lihat saja beberapa bulan ke depan.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2340 seconds (11.97#12.26)