Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android

Sabtu, 04 Juni 2022 - 05:35 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android
Penyebab dan cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Android penting diketahui oleh pengguna. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Penyebab dan cara mengatasi aplikasi keluar sendiri di Android perlu diketahui agar pengguna bisa memakai ponselnya dengan nyaman.

Aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri di Android memang kerap terjadi. Biasanya, disebut force close . Ketika dijalankan, tiba-tiba aplikasi itu keluar/tertutup. Dijalankan lagi, tertutup lagi. Tentu ini sangat mengganggu.

Tapi, apa penyebabnya? Ada beberapa hal yang bisa dicek oleh pengguna. Karena sumbernya bisa bermacam-macam.

Pertama, bisa karena bugs pada aplikasi. Jadi, ketika dijalankan aplikasi tidak stabil dan menutup.

Bisa juga masalah timbul karena ponsel pengguna. Yakni, memori RAM yang penuh karena terlalu banyak melakukan aktivitas. Jika RAM hanya 2GB atau 4G dan Anda menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus, maka ponsel otomatis menutup aplikasi tertentu karena tidak kuat/terlalu berat.

Selain itu, penyebab aplikasi force close juga bisa karena memori internal penuh. Artinya, sudah tidak ada lagi memori tersisa. Padahal, sistem dan aplikasi butuh menulis data/informasi di memori internal. Jika memori internal habis, otomatis aplikasi akan menutup paksa.

Alasan yang masuk akal lainnya adalah aplikasi tidak kompatibel alias mendukung perangkat Android yang digunakan. Misalnya, game yang hanya bisa dimainkan di Android versi tertentu.

Terakhir, alasan aplikasi force close karena masih dalam tahap pengujian (versi beta). Sehingga banyak hal yang belum sempurna.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android
Setelah tahu penyebab aplikasi keluar sendiri di Android, maka kita perlu tahu cara untuk mengatasinya. Nah, ini beberapa tips yang bisa dijalankan:

1. Restart Perangkat
Ini cara paling efektif. Gunanya untuk menutup semua aplikasi-aplikasi yang sebelumnya dijalankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)