Ahli Ciptakan Aplikasi Berteknologi AI untuk Deteksi Penyakit Lewat Kotoran

Minggu, 29 Mei 2022 - 05:02 WIB
loading...
Ahli Ciptakan Aplikasi Berteknologi AI untuk Deteksi Penyakit Lewat Kotoran
Aplikasi AI bisa deteksi penyakit lewat kotoran. FOTO/ IST
A A A
WASHINGTON - Ilmuwan telah menciptakan aplikasi teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu melacak tingkat kesehatan usus secara akurat dengan menganalisis kotoran manusia.

Seperti dilansir dari Daily Star Sabtu (28/5/2022), aplikasi Dieta Mobile meminta pengguna untuk mengunggah gambar tinja mereka menggunakan ponsel untuk dianalisis menggunakan Bristol Stool Chart yang merupakan alat yang membantu dokter mendiagnosis kesehatan usus dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA - Jokowi Ingin Pelayanan Kesehatan Menggunakan Kecerdasan Buatan

Menurut Bagan Bangku Bristol, tinja manusia yang sehat berbentuk seperti sosis dengan retakan di permukaannya.

Pembuat aplikasi baru baru saja menyelesaikan uji klinis pertama mereka dengan hasil yang transparan. Perangkat lunak AI terlihat lebih baik dalam mengkategorikan kotoran daripada manusia.

“Penyakit saluran cerna sangat umum terjadi. Penyakit, Irritable Bowel Syndrome (IBS) mempengaruhi hingga satu miliar orang di seluruh dunia,''

"Terkadang pasien tidak tahu bahwa mereka memiliki masalah sampai mereka menyadari apa yang normal dan tidak normal," kata pemimpin peneliti studi tersebut, Dr. Tandai Pimentel ke situs berita Motherboard.

Aplikasi Diet sedang dipromosikan ke dokter dengan fitur GPS yang juga dipasang untuk membantu mereka melacak rutinitas pasien ke toilet.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1460 seconds (11.210#12.26)