Pertama di Dunia, Game This War of Mine Masuk Kurikulum Sekolah di Polandia

Minggu, 21 Juni 2020 - 12:48 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Game This War of Mine Masuk Kurikulum Sekolah di Polandia
Polandia menggunakan game This War of Mine sebagai bahan ajar di sekolah untuk mengedukasi siswa betapa mengerikannya sebuah peperangan. Foto/Ist
A A A
WARSAWA - Proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan banyak cara. Pembelajaran yang menarik, cenderung dapat membuat siswa lebih mengerti. (Baca juga: Kemendikbud: Kurikulum Tak Perlu Dipaksakan Tuntas )

Salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Polandia. Otoritas setempat menggunakan video game sebagai bahan pelajaran di sekolah.

Game yang dimaksud adalah This War of Mine. Game ini dirilis pada 2014 untuk PC dan smartphone. Berkat langkah tersebut, Polandia menjadi negara pertama yang menggunakan game menjadi bahan ajar resmi di dunia pendidikan.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, menjelaskan, penggunaan game This War of Mine di sistem pembelajaran bertujuan untuk mengedukasi para siswa bahwa betapa mengerikannya sebuah peperangan. “Game digunakan agar generasi muda bisa membayangkan kondisi tertentu yang tidak jauh berbeda dengan membaca buku," jelas Mateusz.

This War of Mine merupakan game ciptaan pengembang asal Polandia, 11 bit Studio. Game ini mengusung tema survival dengan desain 2D, yang mengisahkan sekelompok penduduk yang harus bertahan hidup di tengah perang.

Penciptaan This War of Mine terinspirasi berdasarkan kisah nyata dari Perang di Sarajevo yang berlangsung tahun 1992-1996. Saat itu banyak korban sipil dari pihak Bosnia Herzegovia yang menjadi korban.

Di dalam game, pemain tidak disuguhkan aksi peperangan, melainkan korban perang dari warga sipil yang mencoba untuk bertahan hidup. Pemainnya akan memerankan beberapa karakter dengan kisah berbeda.

Penerapan This War of Mine di dalam bahan ajar tentu disertai dengan syarat siswa telah berusia 18 tahun ke atas, sesuai dengan syarat yang diterapkan oleh pengembang game. Pemerintah Polandia juga berencana akan gratiskan game ini untuk dimainkan.
(iqb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1160 seconds (10.101#12.26)