Kamera Rekam Ubur-ubur Angkasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Rabu, 11 Mei 2022 - 06:00 WIB
loading...
Kamera Rekam Ubur-ubur Angkasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi
Ubur-ubur angkasa yang terlihat di langit Waycros, Georgia, Amerika Serikat ternyata adalah roket Falcon 9 milik SpaceX. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Fenomena angkasa unik terjadi di langit Waycross, Georgia, Amerika Serikat dimana benda seperti ubur-ubur angkasa tengah terbang. Penampakan itu langsung jadi pusat perhatian mengingat hal itu tergolong sangat unik.

Keanehan itu membuat Chris Combs, Profesor Aerodinamika dan Rekayasa Mekanik dari University of Texas di San Antonio, Amerika Serikat menyebutnya sebagai ubur-ubur angkasa. "Ubur-ubur angkasa, indah sekali," tulis Chris Combs, melalui akun twitter resmi miliknya.

Hanya saja ubur-ubur itu bukanlah penampakan dari benda langit yang tidak diketahui atau UFO (Unidentified Flying Object).Dalam unggahan selanjutnya Chris Combs juga memastikan bahwa fenomena angkasa yang terjadi di langit Georgia itu bukanlah bukti kehadiran invertebrata bercahaya asing.

Alih-alih fenomena itu merupakan penampakan natural dari roket Falcon 9 milik SpaceX yang diluncurkan pada waktu yang sama dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Diketahui jarak antara Georgia dan Florida mencapai 400 kilometer.



Kamera Rekam Ubur-ubur Angkasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi


Uniknya SpaceX sangat rutin melakukan peluncuran roket dari Kennedy Space Center. Namun baru kali ini roket buatan mereka justru menghasilkan fenomena langit yang sangat unik.

Chris Comb mengatakan hal itu terjadi karena karena fisika dan momen yang pas. Menurutnya, "tubuh" ubur-ubur yang seolah terlihat di langit adalah knalpot dari roket Falcon 9 yang meninggalkan nosel mesin roket tersebut.

Pelepasan knalpot itu terlihat bulat seperti tubuh ubur-ubur dari kejauhan karena adanya perbedaan tekanan di dalam dan di luar nosel. Dalam hal itu gas gas buang yang keluar dari nosel "diperbesar" – artinya tekanan gas lebih tinggi daripada udara sekitar saat gas buang keluar dari nosel mesin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)