Ini Jawaban Kenapa Selalu Bilang Halo di Telepon

Minggu, 08 Mei 2022 - 20:01 WIB
loading...
Ini Jawaban Kenapa Selalu Bilang Halo di Telepon
Sejarah kata Halo saat di Telepon. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Saat melakukan atau menerima panggilan telepon, hampir seluruh orang di dunia mengucap kata " halo ". Pernahkah kalian terpikir kenapa ini bisa terjadi? Nah bagi kalian yang penasaran, ternyata begini sejarahnya.

Kata "halo" pertama kali digunkan oleh tokoh penemu lampu, Thomas Edison bukan oleh si penemu telepon itu sendiri. Sang penemu telepon, Alexander Graham Bell justru menggunakan kata "ahoy" yang sudah digunakan sejak lama.



Untuk diketahui, kata "halo" baru digunakan untuk menyapa pada tahun 1827. Sementara "ahoy," sudah ada lebih lama, setidaknya 100 tahun lebih lama daripada "halo". Dan kunci kenapa "halo" bisa eksis hingga sekarang adalah karena buku telepon.

Seperti dilansir dari NPR, Sabtu (7/5/2022), buku telepon pertama di dunia menyertakan laman cara penggunaan telepon serta cara sapaannya. Di buku tersebut tertulis bahwa "halo" lah kata sapaan yang direkomendasikan dan telah disetujui.

Bahkan, di buku yang diterbitkan oleh Perusahaan Telepon Distrik New Haven, Connecticut, pada tahun 1878 (dengan 50 pelanggan terdaftar) itu memberi tahu pengguna untuk memulai percakapan mereka dengan "halo" yang tegas dan ceria.

Dari situlah kata "halo" yang dicetuskan oleh Thomas Edison semakin populer. Bahkan penggunaannya masih terus hingga sekarang, mengalahkan kepopuleran kata sapaan "ahoy" yang dicetuskan oleh sang pembuat telepon itu sendiri.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)