TikTok Mulai Berbagi Pendapatan Iklan dengan Beberapa Kreator

Kamis, 05 Mei 2022 - 10:01 WIB
loading...
TikTok Mulai Berbagi Pendapatan Iklan dengan Beberapa Kreator
TikTok mulai berbagi pendapatan iklan dengan beberapa pembuat konten populer seiring berjalannya program baru penayangan iklan di samping video teratas di aplikasi. Foto/teenvogue
A A A
BEIJING - TikTok mulai berbagi pendapatan iklan dengan beberapa pembuat konten populer seiring berjalannya program baru penayangan iklan di samping video teratas di aplikasi. Program ini dinilai mirip dengan program pembayaran pembuat konten YouTube.

Program baru itu, TikTok Pulse, akan memungkinkan pengiklan untuk menempatkan konten mereka di samping 4% video teratas di aplikasi. Iklan akan tayang dalam 12 kategori "relevan secara budaya" yang berbeda, seperti memasak, bermain game, atau kecantikan.

Dikutip dari laman Forbes, Kamis (5/5/2022), pembuat konten, tokoh masyarakat, dan penerbit media dengan 100.000 pengikut atau lebih akan memenuhi syarat untuk program pembagian pendapatan awal. Namun, TikTok belum menjelaskan secara detail bagaimana dana akan dibagi antara perusahaan dan penggunanya.

Baca juga; TikTok Rayakan Kreator Terbaik Lewat Malam Penganugerahan TikTok Awards Indonesia 2021

“TikTok Pulse akan diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada Juni, dan diperluas ke pasar lain pada musim gugur,” kata seorang eksekutif perusahaan TikTok kepada The Verge. Diketahui saat ini jumlah pengguna global aktif bulanan TikTok menapai 1 miliar.

YouTube telah menawarkan program pembagian pendapatan iklan serupa kepada pembuat video dengan jumlah pengikut berapa pun selama beberapa waktu. Pengguna yang memilih untuk memonetisasi konten YouTube mereka dapat menghasilkan uang dengan mengizinkan iklan diputar sebelum, selama, atau setelah video mereka.

TikTok yang dimiliki oleh perusahaan China ByteDance juga telah membayar para kreator populernya sejak tahun 2020 melalui program yang disebut Creator Fund. Untuk memperoleh pendapatan melalui program itu, pembayaran dilakukan berdasarkan jumlah tampilan dan tingkat keterlibatan.

Baca juga; Twitter Tertarik Beli TikTok

Di antaranya, pengguna harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut dan telah mengumpulkan setidaknya 100.000 tampilan dalam 30 hari terakhir. Forbes memperkirakan pada bulan Januari bahwa selebritas bayaran tertinggi TikTok, termasuk Charli D'Amelio, Dixie D'Amelio dan Addison Rae, memperoleh total gabungan USD55,5 juta pada tahun 2021, naik 200% dari tahun sebelumnya, sebagian besar melalui sponsor dan usaha lainnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1639 seconds (10.177#12.26)