Realitas Virtual Bakal Kontrol Badan Manusia dari Jarak Jauh

Rabu, 04 Mei 2022 - 07:00 WIB
loading...
Realitas Virtual Bakal Kontrol Badan Manusia dari Jarak Jauh
Teknologi EMS akan memungkinkan VR mengontrol badan manusia dari jarak jauh. Foto/Screen Rant
A A A
JAKARTA - Realitas virtual segera mampu mengendalikan badan manusia dari jarak jauh. Inovasi yang dilakukan pada teknologi itu akan membuat tubuh penggunanya dikontrol sesuai keinginan.

Para peneliti di University of Chicago diketahui telah mengeksplorasi cara-cara baru untuk menstimulasi otot secara elektronik. Hal itu dilakukan dengan mengombinasikan Electronic Muscle Stimulation (EMS) dengan perangkat elektronik listrik.

Upaya itu kemudian direalisasi oleh VRScout yang kemudian mengaplikasikannya dalam berbagai bentuk perangkat elektronik. Salah satunya adalah headset realitas virtual.





Uji coba sendiri sudah dilakukan dengan menggunakan headset realitas virtual . Dalam uji coba itu gerakan pengguna headset virtual realitas bisa dikontrol untuk melakukan kegiatan tertentu.

Dalam prakteknya, saat pengguna memakai headset virtual realitas, stimulus otot dikirim dengan menciptakan ruangan khusus yang terproyeksi melalui perangkat tersebut. Ruangam itu kemudian menghadirkan berbagai detail penting yang akan dilakukan oleh pengguna.



Inovasi itu memang terkesan menakutkan bagi pengguna realitas virtual. Dikhawatirkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab akan mengambil alih kontrol gerakan mereka saat memainkan realitas virtual.

Hanya saja menurut VRScout inovasi itu justru sangat berguna untuk pendidikan dan bimbingan jarak jauh.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)