Bisa Curi Data Pribadi, Hapus 11 Aplikasi Ini dari HP Anda Sekarang Juga!

Kamis, 21 April 2022 - 14:36 WIB
loading...
Bisa Curi Data Pribadi, Hapus 11 Aplikasi Ini dari HP Anda Sekarang Juga!
Tim Siber Polda Metro Jaya menemukan 11 aplikasi berbahaya yang bisa mencuri data penggunanya. Foto: Kominfo
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku tengah mempelajari dugaan pemrosesan data pribadi tanpa hak yang dilakukan oleh beberapa aplikasi di Google Play Store.

”Kami melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku,” beber juru bicara Kominfo.

Pihak Google sendiri telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data pengguna tanpa izin.
Aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store.

Kementerian Kominfo juga meminta masyarakat untuk dapat memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak, dan melakukan langkah pengamanan.

Pertama, memutakhirkan sistem keamanan perangkat.

Kedua, melakukan instalasi ulang terhadap aplikasi yang diduga memproses data pribadi tanpa hak jika aplikasi itu telah tampil kembali di Google Play Store. Juga, menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak.

Terakhir, tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menemukan adanya 11 aplikasi di Play Store yang diduga melakukan pencurian data pribadi jutaan pengguna. Mirisnya, sebagian aplikasi tersebut bermuatan Islami. Misalnya aplikasi adzan dan mengaji.

Hasil analisis Tim Siber Polda Metro Jaya menemukan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut ada yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.



Data para pengguna ini berpotensi disalahgunakan akibat buruknya keamanan server atau database. Berikut daftar 11 aplikasi di Google Play Store yang diduga melakukan pencurian data pribadi pengguna:

1. Speed Camera Radar
2. Al-Moazin Lite (Prayer Times)
3. WiFi Mouse (remote control PC)
4. QR & Barcode Scanner
5. Qibla Compass - Ramadan 2022
6. Simple Weather & Clock Widget
7. Handcent Nex SMS-Text w/MMS
8. Smart Kit 360
9. Al Quran MP3 - 50 Reciters & Translation Audio
10. Full Quran MP3 - 50+ Language & Translation Audio
11. Audiosdroid Audio Studio DAW
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)