Bidik Sony dan Microsoft, Apple akan Bawa Terobosan Baru ke Industri Game

Senin, 18 April 2022 - 06:30 WIB
loading...
Bidik Sony dan Microsoft, Apple akan Bawa Terobosan Baru ke Industri Game
Apple Arcade merupakan upaya pertama Apple masuk ke industri game yang berkembang pesat saat ini. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Perusahaan teknologi Apple akan memanaskan industri game dengan menghadirkan terobosan baru. Hal itu terungkap lewat paten-paten yang telah mereka daftarkan baru-baru ini.

Upaya Apple fokus ke industri game tentu akan jadi ancaman serius buat Sony dan Microsoft . Pasalnya keduanya masih sangat dominan tanpa adanya ancaman dari pihak ketiga.

Sebenarnya Apple memang telah merilis program permainan yang mereka beri nama Apple Arcade. Layanan itu menyuguhkan deretan game ekslusif kepada pengguna seluruh platform buatan Apple.

Namun itu belum cukup buat Apple karena mereka ingin mencoba memberikan pengalaman yang lebih serius. Itu terlihat jelas dari paten yang mereka masukkan di US Patent & Trademark Office. Dalam paten itu Apple terlihat membuat beberapa perangkat pengendali permainan atau game controller yang terhubung dengan perangkat Apple melalui gelombang magnet.



Bidik Sony dan Microsoft, Apple akan Bawa Terobosan Baru ke Industri Game


Di saat yang bersamaan Apple juga melakukan langkah yang sama di Eropa. Mereka mengajukan paten dengan gambar yang lebih jelas. Setidaknya ada tiga desain yang memperlihatkan perangkat gaming yang akan dihadirkan Apple.

Yang pertama menunjukkan konsol bergaya Switch yang bisa terpasang dengan kedua sisi iPhone atau iPad. Desain kedua menunjukkan pengontrol yang terpasang di bawah tablet atau ponsel yang sangat mirip dengan Nintendo Advance SP.

Desain ketiga sebenarnya mirip dengan game controller pada umumnya. Yang membedakan adalah pengguna bisa memilih menjalankan permainan, lewat game controller itu, ke Apple TV atau iPhone melalui sebuat tombol.



Disebutkan Gizbot, keinginan Apple untuk masuk ke industri gaming memang jadi hal yang menyegarkan. Apalagi saat ini Microsoft dan Sony terlalu mendominasi industri itu. Masyarakat tentu sangat menanti apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu.

Pengontrol permainan fisik bisa menjadi cara yang bagus untuk membawa Apple Arcade ke tingkat yang lebih tinggi. Tetapi yang lebih penting adalah memutuskan apakah akan membuat add-on seluler atau pengontrol mandiri yang lebih tradisional.

Memang paten yang diajukan Apple tidak berarti bahwa produk itu akan masuk ke tahap produksi. Tapi dengan potensi bisnis gaming yang sangat tinggi bisa saja Apple segera merealisasi proyek itu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6056 seconds (0.1#10.140)