4 Cara Membuat Baterai iPhone Mahal Anda Tetap Awet

Minggu, 10 April 2022 - 11:00 WIB
loading...
4 Cara Membuat Baterai iPhone Mahal Anda Tetap Awet
Salah menggunakan, baterai iPhone bisa cepat habis atau berkurang dayanya dalam jangka panjang. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kemampuan baterai iPhone secara alami akan menurun seiring waktu. Tetapi masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan usia masa pakai baterai selama mungkin.

Menjaga baterai iPhone agar tetap awet tentu penting. Sebab, iPhone adalah gadget yang mahal. Jika tidak dirawat, tentu akan merugikan pemiliknya.

Baterai yang berkurang kemampuannya membuat cepat habis. Tentu akan merepotkan karena pemiliknya harus selalu membawa powerbank setiap kali meninggalkan rumah.

Apple sendiri sebenarnya sudah memberikan berbagai tips bermanfaat di situs resmi mereka untuk memaksimalkan masa pakai iPhone Anda. Apa saja?

1. Lepas Casing
Apple mengatakan, melepaskan casing iPhone sebelum mengisi daya dapat membantu menjaga baterai tetap sehat. Mengapa? Karena beberapa model casing dapat menghasilkan panas berlebih, yang dapat memengaruhi kapasitas baterai Anda.

Bisa jadi karena ketebalan casing atau materialnya. Bahan kulit adalah isolator yang lebih baik dibanding silikon. Sehingga bisa membuat iPhone Anda kepanasan. ”Jika perangkat Anda panas saat mengisi daya, keluarkan dari casingnya terlebih dahulu.”

2. Hindari Suhu Tinggi
Baterai dan panas tidak bersahabat. Mengisi daya dalam suhu tinggi akan bisa merusak iPhone mahal Anda. “Kondisi suhu rendah atau tinggi dapat menyebabkan perilaku iPhone berubah,” jelas Apple.

Suhu ideal menurut Apple adalah 16 derajat hingga 22 derajat Celsius. Suhu yang lebih dingin dapat menyebabkan usia masa pakai baterai berkurang sementara. Suhu yang lebih tinggi bisa berdampak buruk pada masa pakai baterai dalam jangka panjang. ”Menggunakan iOS dalam kondisi sangat panas dapat mempersingkat masa pakai baterai secara permanen,” tulis Apple.

3. Jangan Biarkan iPhone Kepanasan
Apple menulis beberapa pantangan untuk pengguna iPhone. Misalnya, tidak boleh meninggalkan perangkat di dalam mobil di hari yang panas. Juga, jangan membiarkan iPhone dijemur dibawah sinar matahari langsung dalam waktu lama.

Hindari juga memakai fitur GPS/navigasi mobil dibawah terik matahari dalam waktu lama, atau terlalu sering memainkan game dengan grafis intensif, serta memakai aplikasi augmented reality yang bisa membuat ponsel panas terus menerus. Jika Anda merasa ponsel menjadi hangat, segera hentikan penggunaannya. Atau bahkan matikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)