Cara Gunakan Wi-Fi Gratis Kecepatan 1.000 Mbps di Stasiun KRL Commuter Line

Senin, 04 April 2022 - 08:43 WIB
loading...
Cara Gunakan Wi-Fi Gratis Kecepatan 1.000 Mbps di Stasiun KRL Commuter Line
Pengguna KRL bisa mengakses internet gratis hingga 1.000 mbps di stasiun kereta. Foto: Sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - Ternyata banyak yang tidak tahu bahwa para pengguna KRL Commuter Line bisa menggunakan Wi-Fi gratis di stasiun kereta. Kecepatannya pun sangat tinggi.

Layanan tersebut disediakan oleh PT Solusi Sinergi Digital Tbk atau Surge dan MacroAd, brand periklanan Digital Out of Home (DOOH). Terbaru, mereka mengklaim telah meningkatkan kecepatan jaringan internet Free WiFi MacroAd bagi pengguna kereta sebesar 1000 Mbps di stasiun-stasiun Commuter Line Jakarta-Bogor.

Pengguna kereta dapat melakukan beberapa langkah mudah untuk dapat terhubung dengan jaringan internet publik secara gratis di stasiun Commuter Line Jakarta-Bogor. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pengguna di stasiun hanya perlu mencari SSID atau Wi-Fi bernama #FreeWifi-MacroAd di perangkat masing-masing.
2. Setelah terkoneksi, pengguna baru akan diarahkan untuk registrasi terlebih dahulu melalui halaman web yang terbuka otomatis berisikan form untuk registrasi pengguna.
3. Langkah ketiga, pengguna perlu menyaksikan dan menikmati iklan dari MacroAd, selama 15 detik.
4. Setelah itu, pengguna dapat langsung terhubung dan menggunakan Free WiFi berkecepatan hingga 1000 Mbps selama 30 menit.
5. Jika durasi tersebut berakhir, pengguna hanya perlu mengakses layanan Free Wifi MacroAd kembali.

Layanan Free WiFi MacroAd sebenarnya telah hadir sejak 2018 di berbagai lokasi publik seperti stasiun Commuter Line Jabodetabek, pasar tradisional, stasiun Kereta Api jarak jauh, hingga beberapa tempat publik lainnya di Kota/Kabupaten di Pulau Jawa.

Seiring beroperasinya jaringan serat optik dari Weave (anak usaha Surge), yang berada di sepanjang jalur Kereta Api Pulau Jawa, sebagai tahap awal layanan Free WiFi MacroAd pada rute kereta Commuter Line Jakarta-Bogor akan mendapatkan peningkatan kecepatan 1000 Mbps.

Selain berpotensi meningkatkan pendapatan iklan dari MacroAd hingga 98%, kecepatan Free Wifi MacroAd ini dapat menjadi gambaran awal keandalan konektivitas berkualitas yang akan dihadirkan Surge di pelosok Pulau Jawa lewat jaringan serat optik Weave. Dengan begitu, konsumsi konten OTT yang bekerjasama dengan Surge dan pengalaman
berselancar nantinya akan lebih meningkat.

”Peningkatan kecepatan internet sebesar 1.000 Mbps terjadi karena adanya integrasi langsung dengan jaringan backbone serat optik kami,” ujar CEO Surge, Hermansjah Haryono.

Direktur Pengembangan Bisnis Surge Martha Rebecca mengatakan, layanan Free WiFi MacroAd biasa digunakan saat masyarakat menunggu kereta di stasiun.
”Rata-rata yang digunakan adalah mengakses aplikasi chatting, portal news dan social media,” ujar Martha.

Kegiatan tersebut menurutnya dilakukan hampir sebagian besar pengguna aktif Free WiFi MacroAd di stasiun Commuter Line Jabodetabek yang per 2021 sudah mencapai 100 ribu-150 ribu pengguna aktif bulanan.

Data Kereta Commuter Indonesia (KCI) menunjukkan trafik pengguna kereta Commuter Line pada Januari 2022 terus beranjak stabil meningkat hampir 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Tips Bikin Foto Epic untuk Media Sosial lewat Kamera Galaxy S22 Series

Data internal MacroAd dan KCI menunjukkan bahwa waktu tunggu paling cepat di stasiun dapat mencapai 20-30 menit dengan lebih dari 60% penumpang sibuk dengan handphone selama di stasiun kereta.

”Dengan volume pengguna Commuter Line yang sudah meningkat kembali dan seiring pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah interaksi antar penumpang selama di jalan, jumlah penumpang yang fokus menggunakan handphone dalam penggunaan layanan Free WiFi MacroAd di stasiun diperkirakan akan semakin meningkat,” ujar Martha.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2562 seconds (11.210#12.26)