Ukir Sejarah, Apple TV+ Layanan Streaming Pertama yang Menang Oscar lewat CODA

Senin, 28 Maret 2022 - 14:06 WIB
loading...
Ukir Sejarah, Apple TV+ Layanan Streaming Pertama yang Menang Oscar lewat CODA
CEO Apple Tim Cook yang terus berupaya membuat film orisinil berkualitas di Apple TV+. Foto: dok Apple
A A A
JAKARTA - Oscar 2022 bukan milik layar perak atau bioskop. Sebaliknya, film-film layar kaca justru banyak nominasi Oscar. Bahkan, kategori tertinggi Best Picture atau Film Terbaik dimenangkan oleh CODA, yang hadir eksklusif di layanan streaming Apple TV+.

Ini sekaligus membuat Apple TV+ sebagai layanan streaming pertama yang meraih kategori Best Picture .

CODA adalah film arahan Sian Heder, bercerita tentang Ruby Rossie (Emilia Jones), remaja yang menjadi satu-satunya orang yang bisa mendengar di antara anggota keluarganya. Ruby dan keluarganya berkomunikasi dengan bahasa isyarat karena orang tua serta kakak laki-lakinya tuli.

Ukir Sejarah, Apple TV+ Layanan Streaming Pertama yang Menang Oscar lewat CODA

Para pemeran CODA di Oscar 2022.

Selain Film Terbaik, CODA bahkan memboyong dua kategori lain di Oscar 2022. Yakni, Skenario Terbaik yang di dapat Sian Heder, juga Aktor Pendukung Terbaik untuk Troy Kotsur.

Sebelumnya, Troy Kotsur sudah mendapatkan penghargaan di Screen Actors Guild Awards, British Academy Film Awards dan the Critics’ Choice Movie Awards.

Ada dua hal besar dibalik kemenangan CODA. Pertama, film tersebut dianggap sebagai representasi terhadap penyandang tunarungu di industri hiburan.

Kedua, kemenangan CODA juga menjadi tonggak besar bagi perubahan di industri film. Maksudnya, saat ini kualitas film di platform streaming dianggap setara dengan film dibioskop.

Ini penting, karena memang pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir membuat banyak bioskop tutup. Maka, industri hiburan mengalihkan fokus ke layanan streaming yang bisa diakses semua orang di rumah.



Baik itu Netflix, Amazon Prime, HBO Max, hingga Apple TV+ bersaing menciptakan film orisinil berkualitas untuk menarik penonton agar berlangganan.

Netlix sendiri merupakan platform dengan kandidat dan nominasi Oscar terbanyak. Bahkan, nominasi Best Picure Oscar 2022 ada di Netflix. Yakni The Power of the Dog karya Jane Campion dan Don't Look Up arahan Adam McKay.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)