Ini Daftar 5 Besar Merek Smartphone Terlaris di 2021

Rabu, 23 Maret 2022 - 13:12 WIB
loading...
Ini Daftar 5 Besar Merek Smartphone Terlaris di 2021
Perbandingan pengiriman smartphone di Indonesia pada 2020 vs 2021. OPPO tetap memimpin, disusul vivo, Xiaomi, Samsung, dan realme. Foto: dok Counterpoint Research
A A A
JAKARTA - OPPO mendominasi pasar smartphone Indonesia pada 2021. Mereka merebut pangsa pasar sebesar 21,8%. Demikian hasil riset dari Monthly Indonesia Channel Share Tracker yang di rilis firma riset Counterpoint Research.

Counterpoint melacak shipment atau pengiriman smartphone (dari pabrik ke distributor/dealer), bukan jumlah smartphone yang terjual ke konsumen.

OPPO seri A menyumbang peran besar dalam pertumbuhan OPPO selama 2021. Strategi OPPO Indonesia untuk memastikan ketersediaan produk melalui saluran offline dan online pun juga berdampak positif.

Di posisi kedua, ada vivo Indonesia yang mendapatkan 19,5 persen pasar, terpaut tipis dengan OPPO. Pertumbuhan vivo didorong oleh portofolio produk yang beragam serta mencakup semua segmen. Seri Y, misalnya terus mencatat pertumbuhan tinggi. Sementara seri V di kelas menengah juga mendapatkan respons sangat baik sepanjang tahun. Adapun seri X di kelas premium juga mendapat ulasan positif.



Bagaimana dengan Samsung? Samsung Indonesia berada di posisi keempat dengan 16,1%. Performa Samsungdi 20211 sangat bagus lewat strategi mereka untuk memperluas portofolio produk dan menyasar segmen yang terjangkau. Sehingga, produk Galaxy seri A menarik perhatian banyak konsumen.

Penurunan pengiriman perangkat terbesar dialami oleh Xiaomi, pabrikan ponsel yang paling terpukul karena masalah rantai pasokan. Meski demikian, Xiaomi tetap bisa bertahan di posisi ketiga selama 2021 dengan catatan 11,4%.

Adapun realme sendiri termasuk cepat untuk bisa masuk ke dalam 5 besar pasar ponsel di Indonesia.

Nah, segmen ponsel mana yang terlaris selama 2021? Counterpoint mencatat ponsel di harga Rp2 juta hingga Rp3,5 juta adalah segmen paling gemuk dan paling cepat pertumbuhannya. Ini karena banyaknya pengguna entry level dibawah Rp2 juta yang ingin mendapatkan perangkat lebih baik.

Bagaimana dengan 2022? Counterpoint menyebut bahwa tahun ini akan ada persaingan yang sangat sengit di kelas flagship.
Lalu, ASP (harga jual rata-rata) untuk smartphone 5G akan terus mengalami penurunan.

”Smartphone kelas menengah dengan 5G kemungkinan besar akan mengalami peningkatan permintaan tahun ini, seiring perluasan jaringan 5G. Kami memperkirakan ada pertumbuhan satu digit pada 2022,” ujar Analis Counterpoint Tanvi Sharma.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)