Hati-hati, Penjahat Siber Bisa Kelabui Keamanan Apple Melalui 2 Fitur Ini

Minggu, 20 Maret 2022 - 22:31 WIB
loading...
Hati-hati, Penjahat Siber Bisa Kelabui Keamanan Apple Melalui 2 Fitur Ini
Para penjahat siber kini sudah mulai menemukan celah yang bisa mereka susupi untuk memangsa para pengguna Apple. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sistem keamanan Apple tentunya tidak perlu diragukan lagi. Tapi para penjahat siber kini sudah mulai menemukan celah yang bisa mereka susupi untuk memangsa para pengguna perangkat iOS.

Seperti dilansir dari Ubergizmo, Minggu (20/3/2022), para penjahat dilaporkan memanfaatkan dua fitur yang sudah ada di perangkat berbasis iOS. Dua fitur tersebut adalah Test Flight dan WebClips.

Seperti diketahui, Test Flight memungkinkan pengembang membuat aplikasi dan mengujinya secara beta tanpa harus melalui proses peninjauan aplikasi secara lengkap. Celah inilah yang dimanfaatkan penjahat siber untuk menyusup ke perangkat Apple.



Dikabarkan beberapa penjahat siber telah berhasil mengambil keuntungan dari celah ini untuk membuat situs web palsu dan berpura-pura sebagai perusahaan yang sah lalu kemudian memangsa pengguna.

Sementara WebClips, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan situs web ke layar beranda mereka sehingga mereka dapat mengaksesnya lebih cepat juga dimanfaatkan para penjahat.



Mereka bahkan membuat logo situs web ini untuk meniru yang digunakan oleh aplikasi yang sah sehingga pengguna yang tidak jeli akan menjadi korban, dimana data-data penting hingga akses rekening bisa saja dicuri.

Hingga saat ini belum ada tindak lanjut dari Apple atas temuan celah keamanan ini. Tapi yang jelas agar tidak menjadi korban, selalu instal aplikasi dari App Store yang keamanannya sudah dijamin.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)