Jerman Peringatkan Penggunaan Anti-Virus Rusia, Kaspersky: Itu Politis!

Rabu, 16 Maret 2022 - 22:35 WIB
loading...
Jerman Peringatkan Penggunaan Anti-Virus Rusia, Kaspersky: Itu Politis!
Otoritas keamanan siber Jerman telah memperingatkan agar tidak menggunakan perangkat lunak anti-virus dari perusahaan Rusia Kaspersky. Foto/dok
A A A
MOSKOW - Otoritas keamanan siber Jerman telah memperingatkan agar tidak menggunakan perangkat lunak anti-virus dari perusahaan Rusia Kaspersky. Kantor Federal untuk Keamanan Informasi (BSI) mengeluarkan pernyataan tersebut sehubungan dengan konflik di Ukraina.

Menanggapi tuduhan BSI, Kaspersky mengatakan kepada BBC News bahwa peringatan itu dibuat atas dasar politik. Kaspersky tidak ada hubungan dengan pemerintah Rusia.

BSI tidak menuduh adanya masalah saat ini dengan produk Kaspersky tetapi mengatakan konflik di Ukraina dan ancaman Rusia terhadap Uni Eropa, NATO dan Jerman membawa serta risiko serangan cyber.



"Produsen IT Rusia dapat melakukan operasi ofensif sendiri, dipaksa melawan keinginannya untuk menyerang sistem target, atau melakukan operasi cyber tanpa sepengetahuannya (Kaspersky) atau sebagai alat untuk menyerang pelanggannya sendiri," bunyi peringatan itu seperti dilansir BBC News, Rabu (16/3/2022).

BSI merekomendasikan pada pengguna kamputer di Jerman agar mengganti anti-virus Kaspersky dengan alternatif lain.



Menyusul peringatan BSI, juru bicara klub sepak bola Eintracht Frankfurt Axel Hellmann mengatakan kepada Bloomberg bahwa manajemen telah mengakhiri perjanjian sponsor dengan Kaspersky . "Kami sangat menyayangkan perkembangan (perang) ini," katanya.

Kaspersky mengatakan akan meminta klarifikasi dari BSI atas keputusannya, yang tidak didasarkan pada penilaian teknis produk Kaspersky, dan bagaimana mengatasi kekhawatirannya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2711 seconds (0.1#10.140)