Robot Bartender Kime Siap Meracik Minuman Lewat Jaringan 5G

Kamis, 03 Maret 2022 - 21:43 WIB
loading...
Robot Bartender Kime Siap Meracik Minuman Lewat Jaringan 5G
Robot Bartender Kime saat meracik minuman di pameran teknologi MWC 2022 di Barcelona, Spanyol. Foto: Telefonica
A A A
BARCELONA - Beragam teknologi teranyar dipamerkan dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona. Salah satu yang tak kalah menarik adalah robot yang dikembangkan oleh perusahaan asal Spanyol Telefonica.

Robot buatan Telefonica ini bukan robot biasa. Mengusung nama Kime, robot tersebut mempunyai kemampuan unik, yakni bisa menjadi bartender dengan dukungan konektivitas jaringan super cepat 5G.

Kime memiliki otak AI dan kemampuan komputasi yang cerdas. Begitu cerdasnya, hingga Kime bisa meracik minuman ala bartender.
Kime mampu menyajikan minuman tepat waktu dengan memperhitungkan antrian, mengingatkan kerumunan, bahkan bisa mengidentifikasi jam-jam sibuk pada pekerjaannya.



Tak hanya itu, Kime juga bisa mengenali pelanggan, memahami banyak sekali bahasa yang berbeda, hingga memberi sapaan kepada para pelanggannya. Semua itu tidak lepas dari kecanggihan konektivitas 5G.

Telefonica , bersama dengan perusahaan teknologi lainnya seperti Macco Robotics, Bee the Data by ImmersiveLab, serta Raventos Codorniu, yang turut terlibat dalam pembuatan Kime berharap Kime bisa dimanfaatkan di masa depan.

Kime bisa menjadi gambaran bagaimana masa depan sebuah mesin penjual otomatis dapat bekerja dan bahkan dapat mempermudah hidup manusia.

Robot Bartender Kime Siap Meracik Minuman Lewat Jaringan 5G

”Robotika membuat lompatan besar bagi sektor industri. Jika robot digunakan secara luas, ia bisa bermanfaat ke sektor lainnya. Dalam evolusi ini, teknologi 5G dan komputasi yang mumpuni dapat meningkatkan fungsi dan kemampuan robot,” ujar Manajer Jaringan, Inovasi, dan IT Telefonica Mercedes Fernandez.

”Mereka bahkan bisa memanggil nama orang dan berbicara dalam bahasa mereka. Itu terlihat sebagai masa depan yang baik,” tambahnya.

Sementara itu, CEO Macco Robotics Victor Martin berpendapat melihat perkembangan robotika yang semakin canggih, ia menyakini industri dapat memanfaatkan Kime untuk membuat model bisnis yang baru dan memberi standar yang lebih terjaga.

”Penggunaan robot dalam industri layanan dapat mengakomodasi kebiasaan konsumen dengan perubahan total memanfaatkan digitalisasi. Memakai robot lebih masuk akal karena bisa menyediakan layanan 24 jam dalam segala situasi dan semuanya bisa terhubung lewat ponsel,” ujar Victor.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)