Deklarasikan Perang, Anonymous Siap Serang Habis-habisan Rusia

Rabu, 02 Maret 2022 - 15:14 WIB
loading...
Deklarasikan Perang, Anonymous Siap Serang Habis-habisan Rusia
Anonymous Siap Serang Habis-habisan Rusia. FOTO/ cyberdb
A A A
KIEV - Setelah apa yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina, grup hacker Anonymous telah mendeklarasikan perang siber melawan pemerintahan Vladimir Putin. Deklarasi diumumkan secara terbuka di media sosial Twitter lewat akun @YourAnonOne.

"Kelompok Anonymous resmi menyatakan perang siber melawan pemerintah Rusia," kata akun @YourAnonOne.



Tak lama setelah deklarasi perang diumumkan, hacker Anonymous mengklaim telah berhasil meretas situs web Russian Today (RT). Situs tidak bisa diakses dan hanya menampilkan pesan "situs tidak bisa dijangkau".

Melansir dari The Guardian, Rabu (2/3/2022), serangan masih terus dilancarkan. Hingga minggu sore, situs resmi Kremlin dan Kementerian Pertahanan masih tidak dapat diakses. Anonymous juga menyebut telah meretas database Kementerian Pertahanan.

Selain itu, saluran TV milik pemerintah Rusia juga tak lepas dari incaran. kelompok Anonymous menayangkan konten pro-Ukraina, termasuk lagu-lagu patriotik dan gambar dari invasi.

Meski demikian, menurut Konsultan di perusahaan keamanan siber AS Mandiant, Jamie Collier, sulit untuk mengetahui apakah serangan yang diterima Rusia benar-benar berasal dari Anonymous.

Tapi mengingat Anonymous memiliki rekam jejak dalam melakukan kegiatan semacam ini dan itu sangat sesuai dengan kemampuan mereka. Bukan sesuatu yang tidak mungkin.

RT sendiri secara terbuka mengakui bahwa serangan memang dilancarkan oleh Anonymous. Media pemerintah Rusia itu mengklaim serangan dilancarkan dari AS setelah mereka menerbitkan deklarasi perangnya.

"Setelah pernyataan oleh Anonymous, situs web RT menjadi sasaran serangan DDoS besar-besaran dari sekitar 100 juta perangkat, sebagian besar berbasis di AS," kata juru bicara RT.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)