Begini Cara Melihat Invasi Rusia ke Ukraina Pakai Google Maps

Senin, 28 Februari 2022 - 17:24 WIB
loading...
Begini Cara Melihat Invasi Rusia ke Ukraina Pakai Google Maps
Google Maps ternyata bisa digunakan untuk melacak pergerakan tentara Rusia yang sedang menginvasi Ukraina. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Google Maps ternyata bisa digunakan untuk melacak pergerakan tentara Rusia yang sedang menginvasi Ukraina. Melalui Google Maps tersebut akan terlihat kepanikan warga Ukraina yang berusaha menyelamatkan diri ketika pasukan Rusia mulai merangsek masuk Kota Kiev.

Laporan dari The Washington Post ini merinci bagaimana tim peneliti menggunakan kombinasi Google Maps dan citra radar untuk melacak pergerakan pasukan Rusia, memberi tahu mereka tentang invasi ke Ukraina.

Dr. Jeffrey Lewis, seorang profesor di Institut Studi Internasional Middlebury California, melihat lalu lintas yang sangat buruk pada pukul 03:15 di dekat perbatasan Ukraina.



Dia tahu bahwa itu bukan kemacetan biasa. Lewis menemukan bahwa kemacetan pada 23 Februari 2022 itu terjadi sehari sebelum Rusia menginvasi Ukraina.



Dalam gambar radar yang diambil oleh Earth observation group Capella Space, terlihat deretan tank Rusia dan kendaraan militer lainnya di dekat lokasi kemacetan itu.

“Di masa lalu, kami akan mengandalkan seorang reporter untuk menunjukkan kepada kami apa yang terjadi di lapangan,” kata Lewis kepada The Post.



“Hari ini, Anda dapat membuka Google Maps dan melihat orang-orang melarikan diri dari Kiev,” Lewis seperti dilansir The Verge, Senin (28/2/2022). Google Maps menggunakan data real-time dari smartphone untuk melacak kondisi lalu lintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6170 seconds (0.1#10.140)