Cara Screenshot Panjang di Laptop Pakai Google Chrome, Mozilla atau Aplikasi

Selasa, 22 Februari 2022 - 14:11 WIB
loading...
Cara Screenshot Panjang di Laptop Pakai Google Chrome, Mozilla atau Aplikasi
Bagi Anda yang aktif bermobilitas dengan laptop tentunya harus memahami cara screenshot panjang. Foto/TipPintar
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang aktif bermobilitas dengan laptop tentunya harus memahami cara screenshot panjang. Banyak cara bisa dilakukan untuk screenshot panjang di laptop.

Screenshot panjang adalah salah satu opsi mengambil gambar 1 halaman secara penuh. Jadi sembari screenshot, Anda bisa menggulir layar ke arah bawah untuk mengambil seluruh halaman secara penuh.

Berikut cara screenshot panjang di laptop yang dilansir dari berbagai sumber :

1. Melalui Google Chrome
Cara screenshot panjang di laptop dengan mudah bisa dilakukan melalui Google Chrome. Baik dengan Developers Tools yang terdapat dalam bawaah Google atau menginstal ekstensi chrome tambahan seperti Awesome Screenshot.

Bila Anda menggunakan fitur Developer Tools, jalankan browser chrome dan buka halaman yang ingin anda Screenshot. Kemudian ke mode developers option dengan menekan kombinasi ctrl + shift + i atau via menu More Tools > Developers Tools.

Sesuaikan resolusi dan ukuran yang Anda ingin screenshot lalu klik menu dengan ikon titik tiga di bagian kanan, lalu klik Capture full size Screenshot. Jika terlalu panjang Anda bisa melakukan crop menggunakan aplikasi bawaan windows seperti photos atau paint.

Sementara apabila Anda telah menginstal Awesome Screenshot, cukup buka halaman yang ingin ditangkap > klik icon awesome Screenshot > pilih Full Page. Anda akan diarahkan ke halaman editing. Di sini Anda dapat melakukan crop, menambahkan stiker, text, gambar dan sebagainya. Kemudian jika sudah dirasa ok, tinggal klik done > klik icon download.

2. Melalui Mozzila Firefox
Cara screenshot panjang di laptop dengan Mozilla Firefox tidak perlu ke developer mode atau memginstal extention. Namun, Anda harus mengunduh mozilla firefox versi terbaru, yaitu versi 57 keatas.

Apabila sudah mendapatkannya, buka browser mozzila an buka halaman yang ingin anda screenshot. Klik tiga menu yang ada di bagian kanan atas > klik Take a Screenshot. Kemudian pilih Save Full Page.

3. Melalui Aplikasi
Cara screenshot panjang di laptop untuk chat whatsapp atau sosial media lainnya, Anda perlu mengunduh aplikasi di bawah ini, di antaranya yaitu :
- ShareX (gratis)
- PicPick
- Snagit

Ketiga aplikasi di atas sangat identik, cara menggunakanya cukup mudah yaitu hanya tinggal masuk ke dalam menu capture yang terdapat dalam aplikasi, Scrolling Capture atau Full Page, Atur dan sesuaikan, Kemudian klik start dan save.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)