Hasil Riset Sebut 67% Sektor Publik di Indonesia Telah Mengadopsi Cloud Computing

Kamis, 17 Februari 2022 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Ketiga, Salah satu tantangan terbesar dalam melakukan transformasi digital adalah persoalan kebijakan dan regulasi yang masih belum mengakomodir percepatan transformasi digital di sektor publik.

Keempat, Selain berpedoman pada regulasi pemerintah pusat, setiap instansi pemerintah juga perlu membuat regulasi internal terkait implementasi cloud computing.

Kelima, Salah satu faktor penghambat terbesar dalam adopsi cloud computing di instansi pemerintah adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan resistensi internal terhadap adopsi cloud computing.

Hal ini dapat diatasi dengan memberikan bantuan sumber daya manusia, seperti program pelatihan dan sosialisasi, serta tahap uji coba penggunaan cloud.

Dalam penjelasannya Nizar menyampaikan bahwa riset tersebut dilakukan dari bulan November 2021 sampai dengan Januari 2022 dimana melibatkan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah. Dengan distribusi geografis dari Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Setelah paparan hasil riset tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Muhammad Rohilbun, Solution Architect dari Alibaba Cloud yang merupakan cloud provider yang telah lebih dari 6 tahun melayani masyarakat Indonesia. Dalam paparannya Alibaba Cloud menyampaikan manfaat dari layanan cloud computing sekaligus menjawab tantangan yang ditemukan dari hasil riset yang dilakukan.

Muhammad Rohilbun yang akrab disapa dengan Roi menyampaikan kesiapan Alibaba Cloud untuk membantu transformasi digital pada sektor publik di Indonesia.

“Ada banyak benefit ketika mengadopsi layanan cloud computing salah satunya adalah mempercepat inovasi. Sudah banyak government yang melakukan inovasi, dan cloud computing hadir untuk bisa membantu inovasi tersebut berlangsung lebih cepat”, ujarnya.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)