Cara Mempercepat Kinerja Laptop agar Tidak Lemot

Kamis, 17 Februari 2022 - 03:01 WIB
loading...
Cara Mempercepat Kinerja Laptop agar Tidak Lemot
Cara Mempercepat Kinerja Laptop agar Tidak Lemot. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara mempercepat kinerja laptop kini menjadi kebutuhan untuk mengembalikan performa laptop, pasalnya laptop menjadi salah satu perangkat favorit untuk penunjang beragam kegiatan. Banyak yang bisa dilakukan melalui perangkat yang satu ini, seperti bekerja, mengerjakan tugas, hingga mencari hiburan.

Saking banyaknya yang bisa dilakukan lewat laptop membuat kita begitu bergantung padanya. Dan tentu akan sangat jengkel jika laptop mengalami masalah penurunan performa (lemot), terlebih jika ini terjadi di saat genting.



Untuk kalian yang kerap mengalami masalah laptop lemot ada beberapa cara mengatasinya. Berikut paparannya, seperti diolah dari laman resmi IDCloudHost, Rabu (16/2/2022).

1. Menambah kapasitas RAM

Cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah laptop lemot adalah dengan menambah kapasitas RAM. Saat ini sudah banyak varin RAM yang dijual di pasaran, mulai dari RAM 2GB, 4GB, hingga 8GB.

2. Mengganti HDD ke SSD

Selain menambah kapasitas RAM, mengganti HDD ke SSD juga dapat mempercepat performa laptop. Tapi ingat, mengganti, bukan menambah HDD. Menambah HDD tidak akan berpengaruh besar terhadap kecepatan laptop.

3. Bersih-bersih file

Terlalu banyak file bisa menjadi penyebab laptop lemot. Apalagi kalau ruang penyimpanan di laptop sangat sedikit. Kalian bisa menghapus gmfile yang tidak penting di laptop agar kinerja laptop lebih ringan, jangan lupa juga untuk mengosongkan recycle bin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)