Deretan Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks Tanpa Harus Mengetik

Rabu, 09 Februari 2022 - 15:21 WIB
loading...
Deretan Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks Tanpa Harus Mengetik
Aplikasi pengubah suara menjadi teks. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Kendala saat mencatat perkataan orang lain kini sudah bisa diatasi. Saat ini sudah marak beredar aplikas i Speech to Text (STT) baik di iOS maupun Android.

Dengan aplikasi ini, kita akan dengan mudah mencatat perkataan orang lain tanpa perlu mengetik. Aplikasi akan secara otomatis mencatat apa yang dikatakan dengan bermodalkan microfon di smartphone.

Penggunaannya pun sangat mudah. Hanya perlu membuka aplikasi lalu mengaktifkan tools yang tersedia. Menariknya, Aplikasi dapat berfungsi perkataan dalam beragam bahasa.

Beberapa aplikasi bahkan bisa mencatat apa yang dikatakan ke dalam bahasa yang berbeda. Misalnya pembicara berbicara dalam bahasa inggris, bisa dicatat ke dalam bahasa Indonesia.

Ada banyak aplikasi STT yang bisa digunakan, namun di sini akan merekomendasikan 4 aplikasi saja, berdasarkan yang paling banyak penggunanya. Berikut daftarnya:

1. Live Transcribe

Live Transcribe adalah aplikasi yang dikembangkan Google. Semula, aplikasi ini diperuntukan bagi penyandang tunarungu. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu berbicara di depan smartphone, nantinya apa yang dikatakan akan ditraskrip ke dalam teks secara realtime.

Live Transcribe punya keunggulan berupa antarmuka sederhana dan mudah digunakan. Selain itu juga, aplikasi sudah kompatibel dengan lebih dari 70 bahasa dan memiliki kemampuan transkrip antar bahasa.

2. Speechnotes

Speechnotes telah diunduh jutaan orang. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk para penulis, dan siapa saja yang bertugas untuk menulis dengan cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)