6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu, Nomor 5 Paling Akurat

Senin, 07 Februari 2022 - 18:07 WIB
loading...
6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu, Nomor 5 Paling Akurat
Cara membedakan iPhone asli dan palsu harus Anda ketahui sebelum membeli perangkat Apple. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Cara membedakan iPhone asli dan palsu harus Anda ketahui sebelum membeli perangkat Apple tersebut. Ada enam cara membedakan iPhone asli dan palsu yang akan dipaparkan di bawah ini.

Salah satu cara untuk mendapatkan iPhone asli dan berkualitas, sebaiknya Anda membeli di Apple Store maupun distributor-distributor resmi yang tersedia.

Sayanya, mungkin tidak semua orang bisa mendapatkan produk Apple seperti iPhone di tempat yang resmi, karena berbagai alasan. Jalur lainnya mungkin lewat online shop maupun gerai lainnya.

Jika terpaksa membeli di gerai lain atau olshop, Anda perlu mengetahui cara membedakan iPhone asli dan palsu.



Anda perlu mengetahui detail apa saja yang ada pada iPhone asli sebelum membelinya. Berikut cara membedakan iPhone asli dan palsu yang diolah dari berbagai sumber:

1. Perhatikan Boks

Cara membedakan iPhone asli dan palsu di urutan pertama yakni terlihat pada boks. Memang bentuk dan kualitas kedua kotak bisa sangat mirip, tetapi akan selalu ada sedikit perbedaan dalam boksnya. Misalnya, dari segi ukuran hingga detil seperti font tulisan hingga logo yang ada pada boks.

2. Nomor Seri

Setiap iPhone memiliki nomor seri. Temukan nomor seri di iPhone dengan mengetuk Pengaturan > Umum > Tentang > Nomor Seri. Nomor seri tersebut harus diverifikasi oleh situs web resmi Apple.

Jika Anda menerima pesan ‘Maaf, nomor seri ini tidak valid. Silakan periksa informasi Anda dan coba lagi’ maka itu adalah iPhone palsu.

3. iTunes dan Aplikasi

Sebuah fitur luar biasa dari iPhone adalah iTunes . Anda dapat memeriksa apakah iPhone Anda palsu atau asli dengan mencoba menghubungkannya ke iTunes. Jika tidak terhubung, atau iTunes tidak mengenalinya, maka kemungkinan besar iPhone Anda palsu.



Selain iTunes, aplikasi yang ada pada iPhone juga bisa membuat Anda mengetahui apakah iPhone Anda asli atau palsu.

Beberapa contoh aplikasi bawaan termasuk Kontak, Kompas, Pengaturan, Kalkulator, Musik, dan Foto. Jika salah satu dari aplikasi ini tidak ada, berarti iPhone Anda sudah di-jailbreak atau palsu.

4. 3D Touch

Apple telah meningkatkan tampilan pada iPhone-nya, termasuk dari segi layar. Salah satu fitur baru yakni 3D Touch. Jadi, Anda dapat memeriksa apakah iPhone Anda palsu atau tidak dengan mencoba menggunakan fitur 3D Touch.

Jika ini tidak ada atau tidak berfungsi, iPhone tidak asli. Nah, fitur 3D Touch ini ada di iPhone 6S ke atas.

5. Siri

Fitur terpenting yang tidak akan ada di iPhone palsu adalah Siri. Siri merupakan asisten digital pengenal suara untuk membantu Anda menggunakan iPhone dengan perintah suara sederhana.

Jika tidak ada Siri atau iPhone tidak mengenali suara Anda dan muncul kesalahan, maka itu adalah iPhone palsu.



6. Nomor IMEI

Nomor IMEI dapat bermanfaat dalam mengidentifikasi iPhone yang dikloning. Sebab, IMEI merupakan nomor Identitas Peralatan Seluler Internasional. Cara membedakan iPhone asli dan palsu yakni menggunakan metode ini:

- Buka Pengaturan > Umum > Tentang di iPhone.

- Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian dengan nomor IMEI.

- Atau, Anda dapat menggunakan dial pad dan menekan *#06#, dan nomor IMEI akan muncul

- Setelah Anda memiliki nomor IMEI Anda, pastikan nomor itu cocok dengan nomor IMEI yang tercetak di boks iPhone Anda.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)