Bapak PlayStation Sebut Metaverse Tak Berguna, Ini Alasannya

Senin, 24 Januari 2022 - 14:03 WIB
loading...
Bapak PlayStation Sebut Metaverse Tak Berguna, Ini Alasannya
Ken Kutaragi yang dikenal sebagai bapak PlayStation menyindir Metaverse yang disebut sebagai teknologi tak berguna. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ken Kutaragi yang dikenal sebagai bapak PlayStation menyindir metaverse yang disebut sebagai teknologi tak berguna. Karena untuk bisa menjadi manusia sesungguhnya harus dengan menjadi bagian dari dunia nyata, bukan dunia virtual.

Melansir dari Gizmodo, (Senin (24/1/2022), dalam wawancara dengan Bloomberg, Kutaragi mengatakan konsep metaverse saat ini hanya menciptakan dunia hampir nyata secara virtual. Menurutnya yang paling penting adalah menjadi bagian dari dunia nyata.



"Kalian lebih memilih menjadi avatar yang sempurna ketimbang menjadi diri kalian yang sebenarnya? Itu pada dasarnya tidak ada bedanya dengan situs messageboard anonim," ujar Kutaragi.

Tak hanya meteverse , Kutaragi juga tak senang senang dengan teknologi headset virtual reality (VR). Padahal mantan perusahaannya, Soni Entertainment juga sedang mengembangkan headset VR generasi baru untuk PlayStation 5.

"Headset akan membuatmu terisolasi dari dunia nyata, dan saya tidak setuju dengan itu. Headset hanya mengganggu," sambungnya.



Kutaragi bukan satu-satunya pemain utama di industri teknologi yang mempertanyakan daya tarik utopis metaverse.

Namun, tahun lalu juga CEO Niantic John Hanke perusahaannya telah menciptakan beberapa metaverse awal berbasis augmented reality modern yang paling menarik.

Saat ini Kutaragi sedang mengerjakan sebuah perusahaan baru yang mendekati konsep metaverse , dari perspektif yang lebih praktis yang berbeda.



Perusahaan baru Kutaragi, Ascent Robotics, berupaya menciptakan sistem yang membantu mengubah objek dunia nyata menjadi data yang dapat dibaca komputer.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)