Data Bank Indonesia Diduga Bocor, Diretas Geng Ransomware Conti?

Kamis, 20 Januari 2022 - 16:07 WIB
loading...
Data Bank Indonesia Diduga Bocor, Diretas Geng Ransomware Conti?
Data-data yang bocor dikatakan sebagai hasil retasan geng ransomware Conti yang berbahaya. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Kasus dugaan kebocoran data di Indonesia terjadi lagi. Kali ini terjadi pada Bank Indonesia . Peneliti keamanan dark web yang dikenal sebagai DarkTracer mengungkap kejadian tersebut.

Data-data itu dikatakan sebagai hasil retasan kelompok peretas, geng ransomware Conti. ”[ALERT] Geng ransomware Conti telah mengumumkan ’BANK OF INDONESIA’ dalam daftar korbannya,” tulis Dark Tracer di akun Twitternya.

Dark Tracer melampirkan tangkapan layar pengumuman geng ransomware Conti di situsnya di jaringan Dark Web.


Kemudian, akun itu juga membagikan potongan tangkapan layar dari situs gelap geng ransomware Conti. Terlihat tampilan file yang dinamai corp.bi.go.id.

Dari tangkapan layar menampilkan file-file yang diduga milik Bank Indonesia yang berhasil disusupi. File yang muncul baru 1 persen dengan ukuran 487,09 MB.

Namun DarkTracer tidak merinci data apa saja yang diambil oleh geng ransomware Conti.

Grup Conti sendiri merupakan Ransomware yang berbasis di Rusia. Oleh Palo Alto Networks mereka bahkan disebut sebagai salah satu yang paling kejam dari lusinan grup ransomware yang saat ini diketahui aktif.

Sebelumnya DarkTracer juga menyampaikan, 40.629 pengguna Indonesia dibidik pencuri siber. Sebanyak 502.581 (data) kredensial yang diakses via domain .id bocor dari pengguna dan didistribusikan di Dark Web dan Deep Web.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0061 seconds (0.1#10.140)