6 Keunggulan Samsung Exynos 2200, Chip 4 Nm dengan Ray Tracing dan Xclipse GPU

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:30 WIB
loading...
6 Keunggulan Samsung Exynos 2200, Chip 4 Nm dengan Ray Tracing dan Xclipse GPU
Exynos 2200 adalah chip Samsung untuk smartphone premium yang sudah dibekali banyak teknologi baru. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Samsung Electronics resmi mengumumkan prosesor seluler premium barunya Exynos 2200 . Dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) berbasis arsitektur AMD RDNA 2, chipset tersebut mengusung arsitektur 4-nanometer (Nm).

”Dibangun dengan proses EUV (extreme ultraviolet lithography) tercanggih, dipadu teknologi seluler, GPU, dan NPU termutakhir,” ujar Yongin Park, President of System LSI Business, Samsung Electronics.

Nah, berikut adalah keunggulan Exynos 2200:



1. Xclipse GPU
Xclipse GPU adalah prosesor grafis hybrid yang diposisikan antara konsol dan prosesor grafis seluler. Xclipse adalah kombinasi “X” yang mewakili Exynos, dan kata “eclipse” (gerhana).

Xclipse diharapkan mengakhiri era lama mobile gaming. Dengan arsitektur AMD RDNA 2, Xclipse mampu menjalankan fitur grafis seperti ray tracing (RT) yang diakselerasi perangkat keras dan variable rate shading (VRS) dimana sebelumnya hanya tersedia di PC, laptop, dan konsol.

”Arsitektur grafis AMD RDNA 2 yang semula di PC, laptop, dan konsol, kini ke smartphone. Samsung Xclipse GPU adalah hasil pertama dari beberapa generasi grafis AMD RDNA yang direncanakan dalam SoC Exynos,” kata David Wang, Senior Vice President of Radeon Technologies Group, AMD.

2. Ray Tracing
Ray tracing adalah teknologi yang mensimulasikan bagaimana cahaya berperilaku secara fisik di dunia nyata. Caranya, dengan menghitung pergerakan dan karakteristik warna sinar cahaya saat memantul dari permukaan.

Dampaknya, ray tracing menghasilkan efek pencahayaan realistis untuk adegan yang dirender secara grafis. Samsung berkolaborasi dengan AMD untuk mewujudkan ray tracing pada GPU seluler.

3. Variable Rate Shading
Variable rate shading adalah teknik mengoptimalkan beban kerja GPU yang memungkinkan developer menerapkan tingkat bayangan lebih rendah di area yang kualitas keseluruhannya tidak akan terpengaruh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)