Waspada, Ini Ciri-Ciri Anda Sedang Berhadapan dengan Penipu Online

Minggu, 09 Januari 2022 - 19:53 WIB
loading...
Waspada, Ini Ciri-Ciri Anda Sedang Berhadapan dengan Penipu Online
Ada lima tanda umum penipuan online yang bisa diwaspadai oleh pengguna. Foto: Investopedia
JAKARTA - Penipuan online masih terus marak terjadi. Berbagai cara dan modus baru dilakukan, membuat para korban seringnya tidak sadar bahwa mereka sedang dalam jebakan para pelaku kejahatan siber.

Nah, seberapa pun canggih skemanya, selalu ada cara untuk mengenali penipuan sebelum terlambat. Pakar keamanan Kaspersky Roman Dedenok membagikan lima tanda umum penipuan online untuk membantu Anda terhindar dari kejahatan. Apa saja?

BACA JUGA: Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

1. Hadiah menarik hingga rasa takut
Skema pertama, mereka biasanya menjanjikan calon korban hadiah luar biasa, misalnya tunjangan pemerintah yang besar atau aset kripto gratis.



Skema kedua, melibatkan intimidasi, seperti ancaman untuk mengirim video korban yang menonton film porno ke seluruh kontak atau merusak reputasi situs web perusahaan mereka.

”Dalam kedua kasus tersebut, para pelaku kejahatan siber mencoba memangkas kemampuan korban mereka merespons secara rasional,” kata Dedenok.



Jika, setelah membaca email semacam itu Anda merasa ingin melakukan persis seperti yang diminta pengirim seperti mengikuti tautan, mengirim uang, hingga menelepon nomor tertentu, itu sebenarnya adalah tanda peringatan.

Dedenok menyarankan Anda membaca kembali pesan dengan seksama. Jika Anda curiga pesan itu penipuan, maka jangan hiraukan.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE