Ratusan Karyawan Keracunan, Apple Tutup Sementara Pabrik iPhone di India

Kamis, 30 Desember 2021 - 21:03 WIB
loading...
Ratusan Karyawan Keracunan, Apple Tutup Sementara Pabrik iPhone di India
Apple menutup sementara pabrik iPhone di India selatan menyusul protes atas keracunan makanan ratusan karyawan. Foto/dok
A A A
NEW DELHI - Apple menutup sementara pabrik iPhone di India selatan menyusul protes atas keracunan makanan ratusan karyawan dan kondisi kehidupan. Foxconn sendiri sudah meminta maaf dan mengatakan sedang menyelidiki kasus tersebut.

Sekitar 250 wanita yang bekerja di pabrik Foxconn terkena keracunan makanan, dengan lebih dari 150 berakhir di rumah sakit, media lokal melaporkan.

Dilansir BBC, Kamis (30/12/2021), audit oleh Apple menemukan bahwa ruang makan dan asrama jarak jauh yang digunakan oleh pekerja tidak memenuhi persyaratan.



"Kami sangat menyesal atas masalah yang dialami karyawan. Kami akan segera mengambil langkah untuk meningkatkan fasilitas dan layanan yang kami berikan," kata perusahaan Taiwan itu dalam sebuah pernyataannya. Foxconn sendiri telah menutup pabrik tersebut sejak 18 Desember 2021 lalu.

Apple belum merinci apa maksud dalam masa percobaan, tetapi di masa lalu Apple telah menolak untuk memberikan fasilitas dalam masa percobaan kepada bisnis baru sampai masalah diselesaikan.

Seorang juru bicara Apple mengatakan: "Menyusul kekhawatiran baru-baru ini tentang keamanan pangan dan kondisi akomodasi di Foxconn Sriperumbudur, kami mengirim auditor independen.



"Kami menemukan bahwa beberapa akomodasi asrama terpencil dan ruang makan yang digunakan untuk karyawan tidak memenuhi persyaratan kami. Dan kami bekerja dengan pemasok untuk memastikan serangkaian tindakan korektif yang komprehensif diterapkan dengan cepat," ujarnya.

Pabrik iPhone, yang berjarak sekitar 40km dari Chennai, mempekerjakan 17.000 orang. Kasus keracunan makanan dan protes selanjutnya juga membuat pemerintah negara bagian Tamil Nadu meminta Foxconn untuk meninjau fasilitas pekerjanya.

Tahun lalu, Apple juga menempatkan pabrik mitra manufaktur iPhone lain dalam masa percobaan setelah kerusuhan pekerja pecah karena upah yang belum dibayar di pabrik mitra dekat Bangalore.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3229 seconds (0.1#10.140)