3 Tim Terbaik Indonesia Digital Tribe 2022 Menuju Let’s Kickstart the Future

Sabtu, 02 April 2022 - 14:34 WIB
loading...
3 Tim Terbaik Indonesia Digital Tribe 2022 Menuju Let’s Kickstart the Future
Tim Terbaik Indonesia Digital Tribe 2022 Menuju Let’s Kickstart the Future. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Indonesia Digital Tribe tahun 2022 yang mengangkat tema IDT Final Day: Let’s Kickstart the Future telah selesai diselenggarakan pada Kamis (31/3/ 2022) di Jakarta


Acara ini sukses diselenggarakan secara streaming melalui laman Indonesia Digitaltribe dengan jumlah dihadiri oleh lebih dari 200.000 penonton secara daring.

Setelah melewati tahap Final Battle dengan 7 tim terbaik bersama dengan 3 Head Mentor Najwa Shihab (Pendiri Narasi & Head Mentor IDT Bidang Kreatif), Nadiem Makarim (Menteri Dikbud Ristek & Head Mentor IDT Bidang Teknologi) dan Erick Thohir (Menteri BUMN & Head Mentor IDT Bidang Bisnis) yang menjadi dewan juri pada sesi ini, tibalah untuk mengumumkan 3 Tim terbaik dalam Indonesia Digital Tribe tahun 2022, IDT Final Day: Let’s Kickstart the Future.

Erick Thohir, Menteri BUMN & Head Mentor IDT Bidang Bisnis, mengawali acara dengan menyampaikan gagasannya kepada seluruh peserta, bahwa IDT bukan sekadar menang atau kalah.

“Ini bukan win or lose, tapi win and learning karena, kita harus terus belajar. Growth mindset buat anak muda Indonesia sangat penting. Artinya, jangan rentan untuk dikritik karena kalau kita merasa pintar itu titik jatuh kita. Yang terpenting jangan menghindar dari tantangan, justru problem harus dihadapi,” tutur Erick dalam keterangan persnya di Jakarta baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut Erick Thohir mengumumkan kepada 20 tim terbaik, bahwa mereka akan mendapatkan kesempatan untuk magang di BUMN. 3 tim terbaik juga akan mendapatkan kesempatan mengikuti program inkubasi bisnis di BUMN.
Nadiem Makarim, Menteri Dikbud Ristek & Head Mentor IDT Bidang Teknologi, juga menyampaikan saran pendapatnya bagi seluruh peserta Indonesia Digital Tribe tahun 2022.

“1500 lebih ide masuk dalam Indonesia Digital Tribe tahun 2022, peserta memberanikan dirinya menaruh pada posisi gagal untuk men-submit ide mereka itu adalah kemenangan sejati. Karena di hidup ini kesuksesan itu sebenarnya formulanya sangat mudah. Berapa kali kita jatuh berapa kali kita akan naik lagi”.

Najwa Shihab, Pendiri Narasi & Head Mentor IDT Bidang Kreatif menyatakan keberhasilan gelaran IDT merupakan bentuk antusiasme anak muda Indonesia terhadap sektor teknologi. “Tidak menyangka, tercatat IDT bisa mengumpulkan lebih dari 18 ribu talenta. Alangkah lega rasanya, keseriusan kami mempersiapkannya ternyata selaras dengan level kebutuhan dan antusiasme anak muda di Indonesia.”

Pada sesi Pitching Forum 20 perwakilan tim terbaik menyampaikan gagasan ide-ide dan inovasi yang mereka miliki. Kemudian dipilih 7 tim terbaik yang lanjut pada tahap berikutnya yaitu Final Battle. Pada sesi Final Battle hal yang sama dilakukan seperti pada Pitching Forum, namun 7 tim terbaik harus menyampaikan gagasannya didepan 3 Head Mentor sebagai dewan juri. Setelah itu, 3 Head Mentor berdiskusi dari 7 tim terbaik untuk mengumumkan 3 tim terbaik pada Indonesia Digital Tribe 2022.

3 tim terbaik indonesia Digital Tribe tahun 2022, IDT Final Day: Let’s Kickstart the Future adalah JadiBoss, Hello HOPE, dan CIRO WASTE. Mereka berhasil membawa hadiah masing-masing senilai Rp 100.000.000. Selain itu, tim Eidos berhasil keluar menjadi juara favorit pilihan penonton melalui vote dilaman Indonesia Digitaltribe dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp 20.000.000.

Dengan demikian berakhirlah Digital Tribe tahun 2022 yang telah berlangsung selama 5 bulan terakhir, 18 ribu pendaftar dan 1500 ide, hingga kemudian mengerucut menjadi 20 tim terbaik yang masuk dalam IDT Final Day: Let’s Kickstart the Future. Serta serangkaian Pitching Forum, Conference Session, dan Round Table Session.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)