11 Negara Ini Dicurigai Bersiap Melakukan Peretasan Besar-besaran

Jum'at, 10 Desember 2021 - 23:58 WIB
loading...
11 Negara Ini Dicurigai Bersiap Melakukan Peretasan Besar-besaran
Ilustrasi Serangan Hacker dari berbagai negara yang diketuai Israel. FOTO/ IST
A A A
JERUSALEM - Israel tengah merancang untuk melumpuhkan keuangan seluruh negara dengan melakukan serangan siber. Hal ini mencuat usai Israel melatih 10 negara untuk mensimulasikan War Game serangan siber yang melumpuhkan pasar keuangan di dunia.

Negara Yahudi itu mencoba untuk menciptakan skenario realistis dari kepanikan dan kekacauan yang akan terjadi dalam peretasan semacam itu.



Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (10/12/2021), simulasi yang dinamai “Collective Strength” itu dilakukan pada hari Kamis (9/12/2021).

Beberapa negara yang ikut terlibat dalam latihan serangan siber internasional bersama Israel di antaranya Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Italia, Thailand dan Uni Emirat Arab.

Lembaga keuangan utama seperti Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia juga dilibatkan.

Pejabat keuangan dari negara-negara yang berpartisipasi diperlihatkan sebuah film untuk menguraikan peristiwa simulasi, di mana seorang narator menyatakan bahwa data sensitif dicuri dan dibagikan di “Dark Web”, menciptakan kekacauan di pasar keuangan selama 10 hari.

Latihan—yang menurut Reuters—dijuluki “War Game” oleh Kementerian Keuangan Israel mengalami sejumlah jenis serangan yang berbeda, termasuk pelanggaran yang memengaruhi pasar valuta asing dan obligasi, likuiditas dan keamanan data yang dibagikan antara eksportir dan importir di seluruh dunia.

Latihan itu juga memeriksa dampak dari laporan berita yang menyesatkan tentang calon krisis, serta langkah-langkah apa yang diharapkan akan diambil oleh pemerintah.

“Bank-bank meminta bantuan likuiditas darurat dalam banyak mata uang untuk menghentikan kekacauan karena pihak lawan menarik dana mereka dan membatasi akses ke likuiditas, meninggalkan bank dalam kekacauan dan kehancuran,” bunyi narator dalam simulasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3578 seconds (0.1#10.140)