BuddyKu, Produk Digital Terbaru MNC Group dengan Teknologi Berbasis Big Data dan AI

Jum'at, 03 Desember 2021 - 09:26 WIB
loading...
BuddyKu, Produk Digital Terbaru MNC Group dengan Teknologi Berbasis Big Data dan AI
CTO MNC Group Yudi Hamka dalam webinar DataGovAI Summit 2021 pada 2 Desember 2021. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Dalam perkembangan teknologi, data menjadi komoditas yang begitu berharga bahkan dianggap sebagai ‘the new oil´. Karena itu, pembahasan mengenai pengembangan teknologi yang memanfaaatkan big data menjadi hal yang strategis.

Chairman Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) Dr. Rudi Rusdiah dalam webinar DataGovAI Summit 2021 pada 2 Desember 2021 menyatakan bahwa teknologi akan berkembang pesat di masa depan menyebabkan artificial intelligence akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Rudi juga menambahkan bahwa di masa depan akan terbentuk sebuah dunia baru, ketika dunia digital dan dunia nyata akan sangat beririsan bahkan bisa menyatu antara satu dengan yang lainnya. (Baca juga; Resmi Diluncurkan, Platform BuddyKu Padukan Media Sosial dan Informasi dengan Kecanggihan Artificial Intelligence )

Sejalan dengan hal itu, CTO MNC Group Yudi Hamka, memaparkan transformasi digital yang ada di MNC Group, dengan memanfaatkan AI (artificial intelligence) dan big data dalam solusi digital yang dimiliki MNC Group, baik dari sayap bisnis media, layanan finansial dan juga e-commerce. Transformasi digital yang dibangun dalam ekosistem MNC Group dirancang untuk mengelevasi kualitas hidup masyarakat.

Pengaplikasian teknologi AI juga semakin dikedepankan dalam produk digital terbaru MNC Group, BuddyKu. (Baca juga; BuddyKu, Platform Informasi dengan Kecanggihan Artificial Intelligence )

BuddyKu merupakan platform portal yang menggabungkan sosial media di dalamnya. Sehingga pengalaman pengguna dalam menggunakan platform ini tidak seperti membaca berita pada portal pada umumnya. Menariknya platform ini akan menyajikan konten-konten yang disukai oleh pengguna.

Yudi menjelaskan, ”BuddyKu tidak seperti portal biasa, ini seperti media social experience. Sistem di Buddyku bisa memberikan konten-konten yang sedang tren di masyarakat, tapi tetap sesuai dengan ketertarikan kita. Tentunya tidak kalah pentingnya adalah engagement rewards, dimana kami membangun ekonomi kreatif lewat konten-konten yang diupload ke BuddyKu.”

Ia menuturkan platform baru ini juga dapat memberikan wadah kepada content creator untuk memberikan konten-konten dengan kualitas yang terjaga. Adapun keberadaan AI akan membantu melakukan filter posting yang diunggah oleh para content creator.

“Kami menganalisa konten-konten UGC, berita hoaks yang tidak sesuai norma dan budaya akan difilter secara otomatis lewat AI engine kami, dan kalau ada kata-kata kurang pantas, AI engine kita akan memfilternya”.

Kehadiran BuddyKu akan didukung oleh ekosistem digital MNC Group, mulai group media yang memiliki 53,9% share audience atau 140 juta penonton televisi di seluruh Indonesia, MNC Portal Indonesia yang telah menjangkau hampir 75 juta viewers di enam portal, hingga media sosial MNC Group dengan total followers lintas platfrom yang mencapai 397 juta followers. Ditambah dengan ekosistem layanan finansial dan e-commerce maka ekosistem digital yang dihadirkan menjadi semakin lengkap untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Inovasi teknologi yang dimiliki MNC Group menjadi bentuk capaian-capaian yang dimiliki Indonesia dalam penerapan teknologi berbasis big data di acara DataGovAI Summit 2021. Tahun ini, sejumlah tokoh mulai dari regulator, pelaku industri dan juga pakar hadir membahas peta jalan inovasi berbasis big data dari regional ASEAN dan global.

BuddyKu dapat didownload melalui link berikut : https://bit.ly/BuddyKu
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)