Gelisah Eps.44 Nasib TV Analog Kemudian

Kamis, 02 Desember 2021 - 17:40 WIB
loading...
Gelisah Eps.44 Nasib TV Analog Kemudian
Podcast Gelisah akan membahas perpindahan siaran TV analog ke digital. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Tahu gak sih kalau dunia pertelevisian Indonesia akan beralih ke televisi digital ? Saat ini dunia pertelevisian di Indonesia masih menggunakan siaran TV analog . TV analog merupakan siaran yang mengandalkan atau bergantung pada frekuensi yang berasal dari pemancar lalu ditangkap oleh antena sehingga ketika cuaca buruk terjadi maka frekuensi yang akan dipancarkan menjadi berkurang dan tayangan yang disiarkan di televisi menjadi tidak jelas.

“Migrasi analog ke digital inibonusnyaadalahmempercepat internet”, TV analog dinilai boros terhadap frekuensi dikarenakan TV analog membutuhkan satu pemancar untuk satu stasiun televisi. Berbeda dengan TV digital yang cukup dengan satu pemancar yang dapat berisikan 12 stasiun televisi. Beralihnya siaran TV analog kesiaran TV digital di Indonesia menjadi peluang besar bagi teknolog igeneras ike lima (5G). “Jadi dari hasil beralihnya TV analog ke digital ini, ini bener-bener internet kecepatan tinggi , jadi 5G tuh akan bener-bene rterjadi di Indonesia” ungkap Gerryantika selaku Direktur Penyiaran Kominfo.


Tidak dipungkiri lagi bahwa kecepatan internet di Indonesia akan semakin maju sehingga pertumbuhan pendidikan maupun sektor lainnya akan berkembang, karena seperti yang kita ketahui bahwa internet merupakan kebutuhan yang wajib ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Beralihnya siaran TV analog ke digital membuat sebagian masyarakat khawatir. Hal ini dikarenakan sebagian masyarakat memiliki televisi yang tidak mendukung atau tidak dapat menikmati siaran TV digital. “Kalo belum support digital, beli aja set top box ” ungkap Gerryantika.

Siaran TV digital bukan siaran yang menggunakan internet, paket data, ataupun TV berbayar. “Kalo TV digital itusama kaya TV biasa analog, cumafrekuensinyaberbeda” ungkap Wibhi Gunawan. Peralihan siaran TV analog ke TV digital akan dimulai pada tahun 2022 mendatang yang sebelumnya dijadwalkan untuk tahap pertama akan rampung pada bulan Agustus tahun ini. Tertundanya hal tersebut dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang ada pada saat ini.

Dengan adanya peralihan siaran TV digital memiliki beberapa keuntungan, yaitu mempercepat internet, gambar dan suara yang lebih jernih. Nah, pas banget nih! Podcast Gelisah Eps.44 bareng Wibhi Gunawan bersama Gerryantika selaku Direktur Penyiaran Kominfo akan ngebahas tentang kegelisahan masyarakat tentang adanya peralihan siaran TV analog kesiaran TV digital.



Bagaimana ya nasib televisi ke depan? Yuk dengerin selengkapnya di Roov supaya tidak ketinggalan infonya. Unduh aplikasi Roov di Google Play Store dan Apple App Store .
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)