Perkembangan Teknologi Bantu Pekerjaan ASN Jadi Semakin Cepat

Rabu, 01 Desember 2021 - 23:11 WIB
loading...
Perkembangan Teknologi Bantu Pekerjaan ASN Jadi Semakin Cepat
Ilustrasi ASN. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kemajuan teknologi yang dikenal dengan artificial intelligence (AI) banyak membantu pekerjaan manusia. Boleh jadi, ke depan banyak jabatan ASN yang akan dilebur karena pekerjaannya digantikan mesin.

Hal itu mengemuka dalam diskusi publik "Strategi Akselerasi Peyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Berbasis Merit dalam Mewujudkan ASN Berkelas Dunia" di Hotel Savoy Homan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Agus Sudrajat mengatakan, kemajuan teknologi tidak hanya dirasakan bidang administrasi negara seperti ASN, tapi juga bidang lainnya.



"Ya, pada akhirnya begitu. Jadi seperti hukum alam," ungkap Agus, Rabu (1/12/2021).

Dilanjutkan Agus, ASN harus terus beradaptasi dengan teknologi. Tetapi, bukan berarti semua pekerjaan bisa digantikan oleh teknologi. Ada kompetensi manusia yang tidak bisa digantikan oleh teknologi.



"Dengan bantuan teknologi pekerjaan akan lebih cepat. Misalnya, awalnya satu pekerjaan dikerjakan oleh 5 orang, nah dengan teknologi pekerjaan itu bisa hanya dilakukan 1 orang," jelas Agus.

Kepala Puslatbang PKASN, Hari Nugraha menambahkan, kemajuan teknologi tidak bisa diartikan mesin menggantikan tenaga manusia. Tetapi, teknologi akan memudahkan pekerjaan setiap manusia.



"Jadi, ASN tinggal masuk ke aplikasi. Mengembangkan. Dengan aplikasi tersebut, pola kerja ASN akan berubah, mereka tetap bisa bekerja dimanapun," pungkasnya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)