Pakai Prosesor Intel Xeon Scalable, Tokepedia Play Melesat

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:17 WIB
loading...
Pakai Prosesor Intel Xeon Scalable, Tokepedia Play Melesat
Intel berkolaborasi dengan Tokopedia dalam meningkatkan kemampuannya melayani jutaan pengguna dan merchant di negara kepulauan terbesar di dunia ini. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perkembangan Ecommerce begitu di Asia Tenggara ketika pembatasan aktivitas sosial yang dipicu oleh pandemi COVID-19 yang memaksa orang untuk beraktivitas dari rumah.

Riset mengungkapkan penjualan retail ecommerce Asia Tenggara mencapai lebih dari USD45 miliar pada 2021. Indonesia sendiri menyumbang lebih dari USD20 miliar atau sekitar Rp311 triliun.

Bisnis ecommerce sangat tergantung pada dukungan teknologi dan jaringan yang andal. Untuk menjawab hal ini, Intel berkolaborasi dengan Tokopedia dalam meningkatkan kemampuannya melayani jutaan pengguna dan merchant di negara kepulauan terbesar di dunia ini.

Satu tantangan bagi Tokopedia kemampuan dalam memberikan pengalaman berbelanja dan menjual yang lancar baik untuk pelanggan maupun merchant. Terutama ketika terjadi peningkatan tajam dalam jumlah pengunjung ke situs web dan transaksi, seperti pada periode promosi. Layanan yang terdampak akan hal ini adalah Tokopedia Play, platform live streaming dan live shopping.

Tokopedia Play memungkinkan merchant membuat video streaming live atau mengunggah konten video untuk mempromosikan produk mereka dan terhubung dengan konsumen potensial.

Sebaliknya, konsumen potensial dapat menelusuri video dan promosi produk yang relevan dengan minat, terhubung dengan merchant, dan memutuskan untuk membeli.

Di tengah meningkatnya minat terhadap live shopping, Tokopedia Play hanya dapat mendukung puluhan ribu pengguna secara bersamaan, padahal seharusnya dapat mendukung jutaan pengguna sekaligus untuk memaksimalkan manfaat bagi merchant dan konsumen.

Selain itu, Tokopedia perlu mengumpulkan dan memproses data dengan cepat dan tepat sehingga dapat menyempurnakan pengalaman bagi merchant dan konsumen.

Tokopedia memanfaatkan Google Cloud dan Intel untuk modernisasi infrastruktur. Didukung prosesor Intel Xeon Scalable, tim dari ketiga pihak bekerja sama untuk mengimplementasikan AI Platform Training yang menggunakan TensorFlow, yang dioptimalkan dengan library Intel seperti Intel Math Kernel Library untuk Deep Neural Networks, Intel DL Boost-VNNI, serta Dataproc milik Google Cloud.

Tim juga bekerja sama untuk mengoptimalkan kemampuan analitik Tokopedia sehingga lebih efisien dalam melakukan pencarian dan penemuan produk, yang mencakup insight mengenai kebiasaan membeli, waktu pemrosesan pembayaran, penyimpanan barang, dan logistik pengiriman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6297 seconds (0.1#10.140)