Anak Muda Berperan Penting Dorong UMKM Kuasai Teknologi Digital

Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:25 WIB
loading...
Anak Muda Berperan Penting Dorong UMKM Kuasai Teknologi Digital
Acara Wirakarya Local Hero Festival 2021, Selasa (26/10/2021). FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Upaya mendorong produk-produk lokal UMKM menuju ke era digital diharapkan peran generasi muda untuk mau membantu UMKM untuk menguasai teknologi digital.

Dan atas peran generasi muda dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda, Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) memberikan penghargaan kepada generasi milineal.



Acara ini digelar secara daring sekaligus rangkaian dari Wirakarya Local Hero Festival 2021, Selasa (26/10/2021).

Talkshow ini menghadirkan narasumber: Hermawati Setyorinny, Ketua Umum komunitas UKM Aku Mandiri; Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI; dan Ansari Kadir, Co-Founder GK Hebat.

Melalui sebuah lomba live selling, video advertising dan empowerment action dalam acara wirakarya local heroes festival 2021, kegiatan ini dimulai pada bulan Agustus hingga puncak acaranya bertepatan dengan hari sumpah pemuda 2021.

Hermawaty Setyorini menyatakan komunitasnya berusaha membantu orang-orang yang sedang mencari peluang bisnis. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan usaha-usaha baru yang lebih produktif.

“Generasi muda memiliki banyak ide,tapi harus mencari cara agar dapat merealisasikan ide tersebut, karena merealisasikan ide bisnis tersebut adalah hal yang paling sulit dilakukan,” ujarnya.

Dalam final dan penobatan duta sahabat UMKM, Maluku sebagai tampil pemenang lomba live selling, sedangkan untuk kategori empowerment action pemenangnya diraih oleh Yogyakarta melalui program pemberdayaan UMKM bagi penyandang disabilitas dengan nama program Ayo Bermimpi, cerita pemberdayaan yang ditulis melalui website ini mampu menginspirasi anak muda lainnya untuk bergerak untuk membantu pelaku UMKM disekitarnya.

Sedangkan untuk lomba video advertising terbagi menjadi kategori dimana Sulawesi Selatan tampil menjadi yang terbaik untuk kategori produk makanan, Jawa Tengah sebagai pemenang kategori minuman, kategori busana dimenangkan oleh Nusa Tenggara Barat, kategori kerajinan berhasil diraih oleh Sulawesi Tengah dan untuk kategori jamu tradisional Riau mampu tampil sebagai pemenangnya.

Dalam acara puncak yang diselenggarakan secara virtual, Yudho Giri Sucahyo sebagai ketua PANDI sangat mengapresiasi penampilan dari semua peserta yang tampil secara totalitas untuk memperkenalkan potensi UMKM di daerahnya.

Beliau berharap bahwa kegiatan ini menjadi momentum kebangkita para pemuda untuk menjadi pahlawan lokal didaerahnya yang dapat meningkatkan perekonomian kerakyatan dengan lebih kreatif dengan memanfaatkan kemudahan teknologi.

'' Acara ini akan diselenggarakan secara rutin tiap tahunnya dan berharap semakin mendapat respon positif dari masyarakat luas,'' tutup Yudho di acara puncak wirakarya local heroes festival 2021.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)