Negara yang Blokir WhatsApp, Ternyata Ada 8 di Dunia

Senin, 18 Oktober 2021 - 13:34 WIB
loading...
Negara yang Blokir WhatsApp, Ternyata Ada 8 di Dunia
Negara yang blokir WhatsApp memiliki alasan tersendiri, terkait politik, ekonomi, hingga bisnis. Foto: ist
JAKARTA - Negara yang blokir WhatsApp memang tidak banyak. Sebagian besar memiliki alasannya sendiri mengapa melarang aplikasi chat milik Facebook tersebut.

WhatsApp dirilis pada 2009 dan sejak itu menjadi aplikasi berkomunikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Fitur-fiturnya pun terus bertambah, mulai berkirim video, panggilan VoIP, hingga keamanan.

BACA JUGA: Tes Ketahanan Baterai Xiaomi Redmi 10 untuk Ngegame

Aplikasi tersebut mengubah bagaimana cara orang berinteraksi. Namun, dengan segala kemudahannya itu, ternyata masih banyak negara yang melarang WhatsApp digunakan. Alasannya beragam. Ada yang soal keamanan informasi. Ada juga yang melakukannya untuk mendukung industri telekomunikasi lokal.



Saat ini, WhatsApp diblokir di 7 negara. Berikut detilnya:

1. China
Negara yang Blokir WhatsApp, Ternyata Ada 8 di Dunia

Pemerintah China memblokir WhatsApp karena politik. Terutama karena China memiliki kebijakan sensor yang ketat. Dan tidak hanya WhatsApp, aplikasi seperti Google dan Facebook juga diblokir di China. Namun, sebagai gantinya, China mengembangkan sendiri aplikasi-aplikasi lokal yang bahkan bisa mendunia.

2. Korea Utara
Pemblokiran WhatsApp di Korea Utara menarik. Kabarnya, pemblokiran tersebut justru dilakukan dari sisi WhatsApp. Tidak ada konfirmasi dari pemerintah Korea Utara terkait hal tersebut. Yang jelas, pemerintah mengawasi komunikasi yang dilakukan di setiap ponsel di warga mereka. Yang unik, di wilayah yang berbatasan dengan Korea Selatan, banyak warga Korea Utara yang menggunakan WeChat untuk berhubungan dengan China. Meski, hal tersebut tetap dilarang.

3. Iran
Pemerintah Iran sudah beberapa kali memblokir WhatsApp. Alasannya, terkait masalah politik. Regulasi terkait sensor internet di Iran juga rumit. Dipengaruhi oleh pemerintah, partai politik, hingga ulama.

4. Suriah
Kondisi politik di Suriah menjadi alasan mengapa WhatsApp di blokir. Para pemberontak menggunakan enkripsi di WhatsApp untuk berkomunikasi, yang membuat pemerintah Siria melakukan pemblokiran aplikasi tersebut.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE