Hanya di Tanggal 12 Besok Flash Sale Hotel 40%, Rencanakan Staycation Kamu Sekarang!

Senin, 11 Oktober 2021 - 18:37 WIB
loading...
Hanya di Tanggal 12 Besok Flash Sale Hotel 40%, Rencanakan Staycation Kamu Sekarang!
Rencanakan staycation aman dan nyaman bersama Mister Aladin. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Dilihat dari Effective Reproduction Number (Rt), atau angka reproduksi, penanganan Covid-19 di Indonesia membuahkan hasil yang baik. Effective Reproduction Number (Rt), atau angka reproduksi adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat dan seberapa luas penularan Covid-19.Indonesia mencapai nilai Rt sebesar 0,60. Angka Rt ini lebih rendah dibandingkan dengan Rt global dan negara lain.

“Kalau kita bandingkan dengan negara lain, misalnya Singapura angkanya masih 1,44, Inggris 0,97, dunia 0,92, Amerika 0,9, India 0,86, Filipina 0,85, Malaysia 0,81. Jadi Indonesia adalah salah satu yang terbaik dalam penanganan Covid-19,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Rabu (6/10/2021) (Sindonews, 07/10/2021).

Rt merupakan jumlah kasus baru yang tertular dari satu kasus terinfeksi pada populasi yang memiliki kekebalan sebagian atau setelah adanya intervensi. Intervensi yang dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan percepatan vaksinasi.

Menko Airlangga menjelaskan, Indonesia berhasil menjadi salah satu negara dengan predikat terbaik dalam penanganan Covid-19 karena strategi penanganan pandemi yang tepat, yaitu pencegahan melalui sistem PPKM, peningkatan testing dan tracing, dan akselerasi vaksinasi.


Sejalan dengan pernyataan Menko Airlangga, dilansir dari celebritites.id (6/10/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 4 langkah utama untuk menekan penyebaran virus:

1. Wajib untuk aktif menjalankan protokol kesehatan
Protokol kesehatan yang wajib dilakukan ini adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Poin ini paling penting untuk mengendalikan penyebaran virus.

2. Penguatan 3T (tracing, testing, dan treatment)
Tracing yang dilakukan Indonesia sudah sangat baik. Perkembangan mengenai testing genom sequencing juga semakin membaik, terbukti dengan kemampuan mengerjakan hampr 8.000 tes dalam durasi waktu 9 bulan.

3. Vaksinasi yang masif
Percepatan vaksinasi digencarkan karena vaksin merupakan salah satu senjata yang baik dalam penanganan pandemi. Indonesia sudah menyuntikkan 150 juta dosis vaksin berdasarkan akumulasi dosis pertama dan kedua.

4. Terapeutik yang terkoneksi dengan teknologi
Pengendalian pandemi dari sisi terapeutik juga dilakukan pemerintah dengan bantuan teknologi. Kolaborasi pemerintah dengan beberapa startup kesehatan juga berperan penting untuk memfasilitasi masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Anda dapat mendukung langkah pemerintah dengan melakukan vaksinasi secepatnya dan menaati protokol kesehatan di mana pun berada. Protokol kesehatan akan lebih memberikan jaminan untuk Anda agar aman dari penularan Covid-19 dan membuat Anda lebih aman saat berada d luar rumah, termasuk saat staycation bersama keluarga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9734 seconds (0.1#10.140)