Rusia: Satelit Starlink Elon Musk Bisa Membajak Rudal saat Terbang

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 06:04 WIB
loading...
Rusia: Satelit Starlink Elon Musk Bisa Membajak Rudal saat Terbang
Satelit Starlink dalam foto dari CTIO. Foto/4.0 / CTIO/NOIRLab/NSF/AURA/DECam
A A A
MOSKOW - SpaceX memuji Starlink sebagai jaringan satelit generasi berikutnya yang mampu menyediakan akses internet broadband. Perusahaan ruang angkasa swasta itu telah meluncurkan hampir 1.800 satelit Starlink hingga saat ini.

Mereka berencana memenuhi langit dengan total hingga 30.000 satelit. Elon Musk mengharapkan layanan internet satelitnya memiliki sekitar 500.000 pengguna pada tahun depan.

“Satelit internet Starlink SpaceX dapat digunakan untuk mengubah lintasan rudal jelajah di tengah penerbangan, atau membantu pasukan khusus dan jaringan mata-mata,” papar Direktur Roscosmos Dmitry Rogozin memperingatkan publik.



Berbicara kepada Channel One Rusia, Rogozin, yang telah lama bertikai dengan CEO SpaceX Elon Musk mengindikasikan pemerintah Amerika Serikat (AS) telah menyediakan SpaceX sekitar USD900 juta dolar untuk Starlink, dengan total subsidi di anggaran berikutnya diperkirakan mencapai sekitar USD20 miliar.



“Pertanyaan muncul: Mengapa pemerintah AS membutuhkan ini? Karena pesawat luar angkasa semacam ini tidak hanya mendistribusikan internet, tetapi dapat menjadi alat untuk mengendalikan rudal jelajah, mengkalibrasi ulang tugas penerbangan mereka di tengah penerbangan, mengendalikan pasukan khusus, atau jaringan agen,” papar dia.



Rogozin menambahkan, “Starlink dapat mengirimkan internet dengan konten politik murni dan, kemungkinan besar, anti-Rusia, sehingga mengancam keamanan informasi Rusia.”

Akhir tahun lalu, anggota parlemen Rusia telah memperkenalkan undang-undang untuk melarang Starlink, dan memastikan semua lalu lintas internet di negara itu terus ditangani melalui operator telekomunikasi yang berbasis di Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)