Inovasi Teknologi dan Penerapan GRC Bantu Perusahaan Lolos dari Pandemi

Kamis, 07 Oktober 2021 - 22:15 WIB
loading...
Inovasi Teknologi dan Penerapan GRC Bantu Perusahaan Lolos dari Pandemi
TOP GRC Awards 2021 diadakan pada Kamis (7/10/2021) di Jakarta. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Saat pandemi Covid-19 mengepung dunia semua sektor usaha terkena dampak. Guna menghadapi itu semua inovasi teknologi dan memahami manajemen risiko dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Oleh karenanya TOP GRC Awards 2021 diadakan pada Kamis (7/10/2021) di Jakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan perusahaan pemenang penghargaan tersebut, anggota Dewan Juri TOP GRC Awards 2021, serta kalangan praktisi GRC.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, mendorong agar perusahaan di Indonesia semakin intensif menerapkan governance (GCG), risk (manajemen risiko), dan compliance (manajemen kepatuhan).

Karena itu, Airlangga mengapresiasi berlangsungnya TOP GRC Awards 2021 ini. Sebab, dapat mempromosikan ekosistem bisnis yang bersih saat pandemi.

“Implementasi GRC, tentu dapat merespons tantangan dalam kondisi yang berubah,” kata Airlangga saat memberikan sambutan secara virtual pada acara TOP GRC Awards 2021 di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Pemerintah mengapresiasi upaya berbagai pihak untuk memajukan GRC. Termasuk dalam hal pemberian penghargaan seperti ini. “Selamat kepada pemenang Top GRC Awards 2021,” ujar Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2021, M. Lutfi Handayani, mengatakan, TOP GRC Awards 2021 diikuti/disaring dari 880 perusahaan BUMN, perusahaan di pasar modal, dan swasta nasional atau pun multinasional. Proses wawancara penjurian, berlangsung sejak 1 Juni hingga 14 September 2021.

Lutfi mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan TOP GRC Awards ini adalah mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi, secara terintegrasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2021 Antonius Alijoyo, mengatakan bahwa di masa Pandemi Covid-19 ini, peranan GRC semakin penting bagi banyak perusahaan, di tengah ketidakpastian lingkungan bisnis dan ekonomi. Dengan implementasi GRC yang baik, perusahaan-perusahan tersebut dapat melalui masa-masa sulit, dengan baik.

Dengan semakin efektifnya implementasi GRC Indonesia, maka bisnis perusahaan akan tetap aman dan tumbuh dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat dan investor, baik dari dalam dan luar negeri, akan meningkat pula.

“Ini berarti, melalui kegiatan TOP GRC Awards ini, kita semua ikut berperan aktif dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta membantu perekonomian masyarakat agar tetap berjalan, di masa-masa sulit Pandemi Covid-19,” kata Antonius.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2750 seconds (0.1#10.140)