Facebook Ungkap Penyebab Utama Layanan Down Secara Global

Selasa, 05 Oktober 2021 - 23:04 WIB
loading...
Facebook Ungkap Penyebab Utama Layanan Down Secara Global
Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu meyakinkan bahwa akar penyebab downnya layanan mereka adalah perubahan konfigurasi yang salah. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - WhatsApp, Instagram dan Facebook sempat mengalami down selama beberapa jam dimulai sekitar pukul 23.00, Senin (04/10/2021).

Mengenai penyebabnya, Facebook sebagai perusahaan induk akhirnya angkat bicara. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu meyakinkan bahwa akar penyebab downnya layanan mereka adalah perubahan konfigurasi yang salah. BACA JUGA - Tanggapi Gangguan WhatsApp, Facebook, dan Instagram, Neymar Hebohkan Netizen

"Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari waktu henti ini," kata Vice President Infrastructure Facebook Inc Santosh Janardhan dalam pernyataan, dikutip dari laman resmi Facebook, Selasa (05/10/2021).

Ia mengungkapkan tim teknik Facebook menemukan perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara data center jadi penyebab gangguan komunikasi ini.

"Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini," ungkapnya.

"Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami," sambung pernyataan tersebut.

Penyebab utama pemadaman ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem internal yang perusahaan gunakan dalam operasi sehari-hari.

Hal ni mempersulit upaya mereka untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Layanan aplikasi Facebook CS kini sudah kembali online. Perusahaan menyatakan mereka akan secara aktif bekerja untuk mengembalikannya sepenuhnya ke operasi reguler.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1142 seconds (10.55#12.26)