Begini Cara Mengoptimalkan Fitur di OPPO Enco Buds

Kamis, 16 September 2021 - 09:34 WIB
loading...
Begini Cara Mengoptimalkan Fitur di OPPO Enco Buds
OPPO Enco Buds bisa digunakan untuk bekerja ataupun mengakses hiburan selama WFH.
A A A
JAKARTA - OPPO Enco Buds bisa digunakan untuk bekerja ataupun mengakses hiburan selama WFH. Perangkat ini dibanderol dengan harga terjangkau. OPPO Enco Buds jadi perangkat True Wireless Stereo (TWS) yang cocok digunakan untuk bekerja dan hiburan. Bagaimana mengoptimalkannya?

Silicon Case
OPPO Enco Buds menggunakan case warna putih dengan berat 37 gram. Sementara earbudsnya 4 gram. Bahannya dari plastik, dengan permukaan yang glossy. Case tersebut sudah dilengkapi LED serta selot USB-C.

Jika Anda aktif menggunakannya, tidak ada salahnya untuk memberi tambahan silicon case. Supaya tidak mudah baret atau kotor. Harga silicon case di toko online cukup terjangkau, mulai Rp65 ribu hingga Rp150 ribuan.

Pilih Eartips yang Pas
Kunci menggunakan TWS earbuds adalah kenyamanan. Sebaliknya, untuk mendapat kenyamanan yang pas, harus banyak coba-coba. Tipsnya, silahkan bereksperimen dengan tiga eartips yang disediakan, Gunakan eartip yang pas sesuai ukuran telinga.

Begini Cara Mengoptimalkan Fitur di OPPO Enco Buds


Kenakan masing-masing selama 45 menit. Lalu, silahkan nilai sendiri mana eartips yang paling nyaman di telinga. Normalnya, lebih dari 45 menit hingga 1 jam dipakai, eartips yang tidak pas akan mulai terasa tidak nyaman di telinga.

Isolasi Suara
Fitur Active Noise Cancellation (ANC) memang penting saat kita beraktivitas di luar. Misalnya di kereta yang berisik. Fungsinya untuk meredam suara dari luar. Namun, OPPO Enco Buds belum memiliki fitur ANC. Sebagai gantinya, optimalkan desain eartips yang cukup meredam suara secara pasif.

Sertifikasi IP54
Tentang, OPPO Enco Buds memiliki sertifikasi IP54 sehingga bisa digunakan untuk berolahraga. TWS ini mampu menahan keringat ataupun percikan air. Hanya saja, hati-hati ketika membawa OPPO Enco Buds saat berlari atau bersepeda, pastikan tidak terjatuh secara tidak sengaja.

Bermain Game
Umumnya TWS tidak bisa digunakan untuk gaming kompetitif. Sebab, memiliki jeda yang membuat suara baru terdengar sepersekian milidetik. Nah, saat sedang ngegame, pastikan untuk mengaktifkan Game Mode yang bisa menekan latensi hingga 80 ms.

Untuk bermain game kasual, tidak masalah. Untuk bermain game FPS, delay-nya sendiri masih dalam tahap bisa di tolerir dalam keadaan bermain santai dan seru dengan teman-teman.

Navigasi OPPO Enco Buds juga relatif mudah. Misalnya ketuk sekali untuk play/pause atau ketik 3x untuk masuk Mode Gaming.

Konektivitas
Konektivitas OPPO Enco Buds cukup cepat. Apalagi, jika Anda menggunakan ponsel OPPO. Karena ada fitur yang disebut Open-Up Auto Connect. Begitu dibuka case-nya, otomatis ada menu pop-up di ponsel. Praktis.

Begini Cara Mengoptimalkan Fitur di OPPO Enco Buds


Untuk menghubungkan ke perangkat lain pun cukup mudah. Tinggal buka case dan tahan sensor sentuh 3-4 detik sampai lampu berkedip.

Daya Tahan Baterai
OPPO Enco Buds dilengkapi baterai 40 mAh di tiap earbuds dan 400 mAh di charging case-nya. Untuk mengisi dayanya butuh waktu 2 jam. Untuk memutar musik nonstop bisa 5-6 jam. Jika habis, tinggal dimasukkan ke case-nya. Sehingga total waktu aktifnya adalah 24 jam alias seharian. Jadi, cukup irit.

Gunakan Satu atau Dua Earbuds
Penggunaan protokol Bluetooth 5.2 di OPPO Enco Buds sudah yang terbaik saat ini. Memungkinkan earbuds digunakan dua-duanya, atau hanya salah satu. Saat harus meeting di rumah sambil beraktivitas lain seperti menyiapkan makan siang keluarga, bisa memakai salah satu earbudsnya saja.

Lainnya itu, interferensi Bluetooth 5.2 lebih minim, dengan jarak jangkauannya bisa mencapai 10 meter.

Mendengar Musik atau Streaming Film
OPPO Enco Buds yang dibanderol Rp600 ribu ini memiliki driver dinamis berdiameter 8 mm yang cukup besar di kelasnya. OPPO sendiri juga Pede menyebut TWS ini memiliki suara HD dengan kekuatan di bass.

Hasilnya mengagumkan. Sound engineer-nya pintar dalam menterjemahkan aransemen sehingga menghasilkan sound/suara yang pas untuk lagunya.

Secara teknis, suara bass drum yang dibuat tight dan deep sangat terasa. Lalu, frekuensi 3.000-5.000 Hz yang ingin ditonjolkan juga terasa.

Staging (arah suara) yang sangat impresif. Terasa sekali semuanya tepat. Vokal terasa di tengah. Sementara instrumen lain menyelimputi keseluruha aransemen lagu dengan baik. Snare drum juga terdengar renyah dan pas. Frekuensi mid hingga mid-high adalah suara terbaik.

Saat mendengar lagu BTS terbaru bertajuk Butter dengan volume sekitar 70 persen, suaranya terasa paling pas. Ketika Sindonews coba di volume penuh, ternyata justru kurang enak. Lagu Butter terasa sangat crispy di frekuensi mid-high. Terutama di bagian vokal dan instrument sequencer-nya. Terasa renyah dan nyaring.

TWS ini cocok digunnakan untuk semua genre musik. Posisi ternyamanya ada di volume 50-70 persen. Khusus pencinta musik rock/metal, silahkan dengarkan hingga volume 100 persen drivernya tetap enak dan tidak terasa pecah.

Spesifikasi OPPO Enco Buds
Speaker: 8mm dynamic driver per earbud
Mic: Dual mics per earbud
Warna: Putih
Berat: 4 gram (per earbud), 37 gram (case)
Charging port: USB-C
Baterai: 40 mAh (per earbud), 400 mAh (charging case)
Waktu Charge: 150 menit
Music playback: 6 jam
Total playback: 24 jam
Konektivitas: Bluetooth 5.2, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: IP54 tahan cipratan air
Fitur: Gaming Mode low latency 80ms, call noise reduction
Harga: Rp599 ribu.

CM.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)